Jamkrindo Tawarkan Solusi Pemberdayaan Geopark

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri memberikan arahan kepada para peserta FGD bertema Pelestarian Alam Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang diselenggarakan oleh Pemkab Sukabumi dan Perum Jamkrindo.

Wartawan Usep Mulyana

Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), BUMN yang bergerak di bidang penjaminan kredit menawarkan solusi pemberdayaan untuk masyarakat dan lingkungan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Solusi yang ditawarkan Jamkrindo ini diajukan berdasarkan pertimbangan potensi geopark yang memiliki sumber daya manusia, budaya, dan alam yang dapat digali dan dikembangkan.

“Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan aset yang luar biasa besar untuk menunjang peningkatan perekonomian di sekitar kawasan tersebut,” kata Direktur Manajemen SDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo,  Sulis Usdoko pada Focus Group Discussion (FGD) Pelestarian Alam Geopark Ciletuh Palabuhanratu di Hotel Horison Sukabumi, Jumat (15/11/2019).

Solusi dan langkah yang ditawarkan Jamkrindo itu meliputi pengurangan sampah plastik, pengembangan homestay, dan pemberdayaan UMKM. Pengurangan sampah plastik erat kaitannya dengan upaya menjaga kebersihan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan geopark. Sementara pengembangan homestay dan pemberdayaan UMKM bertujuan untuk mengembangkan potensi ekonomi warga sekitar.

“Dua langkah terkait dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis pada pemberdayaan UMKM. Langkah ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi warga lokal. Sementara pengurangan sampah plastik dapat mewujudkan pelayanan clean and clear yang dapat membuat wisatawan semakin nyaman dan betah sehingga jumlah mereka terus meningkat,” ujar Sulis.

Di tempat yang sama, saat meresmikan FGD, Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengharapkan ke depannya lebih banyak lagi BUMN dan pihak ketiga yang terlibat di dalam porogram penembangan kawasan geopark. Pemkab Sukabumi, ujar dia, tidak bisa sendirian mengelola dan mengembangkan geopark.

“Pengelolaan dan pengembangan kawasan geopark membutuhkan kebersamaan semua unsur pemangku kepentingan dari pentahelix,” kata Iyos.  

Dalam hal ini, ujar dia, pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu padu dan bahu-membahu untuk menjaga kelestarian kawasan geopark.

“Pengembangan Geopark Ciletuh oleh Jamkrindo dan Pemkab Sukabumi akan dilaksanakan melalui tahapan-tahapan mulai  sosialisasi, pengenalan, sampai pelaksanaan program. Targetnya terjadi peningkatan ekonomi masyarakat dan kelestarian lingkungan geopark tetap terjaga,” ujar sekda. (*) 

Print Friendly, PDF & Email