Pelantikan Presiden, Sukabumi Harus Dijamin Tetap Aman

oleh -
Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm. Suyikno mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada rakor Forkopimda Kabupaten Sukabumi yang dihadiri Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kedua dari kiri) dan unsur-unsur pimpinan daerah lainnya.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019 di Jakarta, situasi di wilayah Sukabumi harus dijamin tetap aman dan kondusif. Jaminan tetap aman tersebut mesti berasal dari kemauan dan komitmen seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat yang ada di Sukabumi.

Hal itu dikatakan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada rapat koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi bertempat di aula Pendopo Sukabumi, Selasa (15/10/2019). Pada rakor yang digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sukabumi, para pimpinan daerah mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan di lingkungannya.

“Pertemuan ini hendaknya dapat mensinergikan pemikiran bagi dua wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi agar fokus pada upaya menjaga keamanan bersama sehingga masyarakat Sukabumi merasa aman dan nyaman,” ujar bupati.

Selain itu, ujar Marwan, kegiatan rakor yang diikutinya juga dapat meningkatkan  persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keamanan dan kecintaan terhadap NKRI, khususnya di Sukabumi. Dia yakin, Sukabumi akan tetap kondusif jika semua pihak dapat bahu-membahu untuk menjamin dan menjaga keamanan. 

“Insya Allah kita akan bisa mengatasi dan memecahkan setiap persoalan yang timbul secara bersama-sama. Mendekati pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, lingkungan kita harus tetap kondusif dan kita tidak gampang terpengaruh oleh isu-isu yang berkembang di luar,” ujar Marwan. 

Pada rakor itu tampak hadir unsur Forkopimda antara lain Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Wisnu Prabowo; Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi; Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo; Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm. Suyikno; dan Kejari Kabupaten Sukabumi, Alex Sumarna. Hadir pula Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, DR. KH. A. Komarudin dan perwakilan mahasiswa.

Unsur Forkopimda yang hadir menyampaikan sambutan secara bergantian. Garis besarnya, mereka  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Sukabumi. Para pimpinan mengimbau masyarakat tidak terpengaruh oleh berita-berita yang tidak bertanggung jawab yang bisa menimbulkan perpecahan di masyarakat.  

Sekretaris Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, M. Ridwan menjelaskan, kegiatan yang digelarnya bertujuan untuk membangun sinergitas di antara Forkopimda dengan tokoh masyarakat, alim ulama, dan  mahasiswa untuk menjamin keamanan wilayah menjelang, selama, dan setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. (*)

Print Friendly, PDF & Email