Desa Seuseupan Gelar Musrenbang untuk APBDes 2021

oleh -
Di meja pimpinan Musrenbangdes Seuseupan dari kiri ke kanan Serka Sugiman (Babinsa), Emi Sulaemi (Kasi Pemerintahan Kecamatan Caringin), Endang Odon Maulana (Kades Seuseupan), dan Bripka Tep Hendi (Bhabinkamtibmas).

Wartawan Usep Mulyana

Pemdes Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi menggelar  Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2019 untuk menyusun bahan dan acuan dalam penyusunan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Seuseupan tahun anggaran 2021.

Musrenbangdes yang dihadiri unsur kantor kecamatan, perangkat desa, para kepala dusun, para ketua RT/RW, BPD, LPMD, dan unsur tokoh masyarakat itu digelar di aula Balai Desa Seuseupan, Selasa (15/10/2019). Jumlah pesertanya sekitar 50 orang. 

Setelah mengikuti Musrenbangdes tersebut, Kepala Seksi Pemerintahan Kantor Kecamatan Caringin, Emi Sulaemi mengatakan, notulen musyawarah harus mencatat dan mendokumentasikan secara terperinci usulan dari setiap kedusunan.

“Karena dari usulan itulah, pemerintah desa membuat perencanaan pembangunan. Jika ada warga yang mengajukan usulan kegiatan pembangunan di luar usulan awal, pemerintah desa tidak akan mengakomodir dan memprosesnya,” kata Emi.

Dalam Musrenbangdes kali ini, lanjut dia, setiap wilayah kedusunan harus menyetorkan usulan rencana pembangunan yang akan dimasukkan ke dalam skala prioritas kegiatan. Mengenai jenis program yang diusulkan melalui pemerintah desa, ujar Emi,  itu tergantung hasil kesepakatan yang tertuang dalam kesimpulan musyawarah kedusunan (Musdus).

“Kalau usulan awalnya perbaikan jalan, dia tidak bisa diubah menjadi pembangunan jembatan. Begitupun kalau dalam usulan awal itu pembuatan TPT,  selanjutnya tidak boleh menjadi pembangunan jalan,” jelas Emi.

Ditemui di tempat yang sama, Kades Seuseupan, Endang Odon Maulana mengatakan, semua elemen masyarakat hadir dalam kegiatan Musrenbangdes tersebut. Kehadiran masyarakat itu merupakan hal yang positif dan bagus karena dapat menjamin transparansi dan akuntabilitas dalam proses musyawarah.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Seuseupan, Bripka Tep Hendi lebih menyoroti situasi kamtibmas di wilayah kerjanya. Menutut Bripka Tep, secara umum kondisi keamanan di Desa Seuseupan cukup aman dan terkendali.

“Menghadapi beberapa momentum penting seperti Pilkades serentak dan yang teraktual pelatikan Presiden dan Wakil Presiden, saya imbau masyarakat ikut menjaga ketenteraman dan keamanan lingkungan. Tidak perlu ikut-ikutan turun ke jalan, cukup melihat di layar televisi,” ujar dia.

Bripka Tep Hendi juga mengimbau warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Pembangunan fisik yang terus meningkat, kata dia, harus diikuti dengan upaya menjaga kesehatan dan keselamatan lingkungan. (*)

Print Friendly, PDF & Email