Camat Surade Apresiasi Komposisi BPD Cipeundeuy

oleh -
Pelantikan anggota BPD Cipeundeuy periode 2019-2025 oleh Camat Surade H. Utang Supratman, S.IP., M.M. di aula Balai Desa Cipeundeuy.

Wartawan Dicky Sopyan

Camat Surade, Kabupaten Sukabumi, H. Utang Supratman, S.IP., M.M. mengapresiasi komposisi BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Cipeundeuy.  Utang menyampaikan pujian karena komposisi BPD Cipeundeuy tersebut mencerminkan keterwakilan wilayah/dusun dan terdapat unsur perempuan.  

banner 970x90

“Komposisi ini sangat ideal dan menggambarkan BPD sebagai lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Camat Surade pada pelantikan anggota BPD Cipeundeuy periode 2019-2025 di aula Balai Desa Cipeundeuy, Senin (16/9/2019).

Dari 7 anggota BPD Cipeundeuy, satu di antaranya perempuan yaitu Dwi Anggraeni. Enam anggota BPD lainnya terdiri dari Ujang Tatang Junaedi (ketua), H. Sodikin,  Usman Somantri, H. Sobadri, E. Suhendra, dan Widiansyah.

“Langkah pertama yang harus dilakukan BPD adalah membentuk kepengurusan berdasarkan keputusan ketua dan disahkan oleh camat. Setelah itu membuat tata tertib BPD sebagai dasar pedoman pelaksanaan tugas-tugas BPD,” ujar camat. 

BPD, lanjut dia, mempunyai tiga kewenangan pokok yaitu menyusun dan menetapkan rancangan peraturan desa bersama kepala desa, melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepala desa, dan menjaring aspirasi masyarakat di kedusunan masing-masing. 

“Kewenangan tersebut harus dijalankan dan dipenuhi dengan sungguh-sungguh agar masyarakat merasa terwakili oleh BPD,” tambahnya.

Secara khusus Camat Surade menyampaikan pesan khusus terkait pelaksanaan Pilkades di Desa Cipeundeuy. Mensukseskan pesta demokrasi di tingkat desa ini merupakan salah satu tugas berat yang harus dijalankan oleh BPD. (*)

Print Friendly, PDF & Email