Bupati Targetkan Festival Bunga Menjadi Event Internasional

oleh -
Mobil yang dihiasi aneka bunga dengan burung garuda yang juga terbuat dari bunga ikut memeriahkan Festival Bunga dalam rangka Hari Jadi ke-149 Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu.

Wartawan AEP SAEPUDIN (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mentargetkan Festival Bunga dan Karnaval Mobil Hias menjadi perhelatan berlevel internasional dalam waktu beberapa tahun ke depan. Menurut bupati, target tersebut bukan impian semata jika semua kalangan bekerja keras untuk dapat mewujudkannya.

banner 970x90

“Event ini dapat meningkat menjadi perhelatan internasional  dengan mengundang negara-negara penghasil bunga di seluruh dunia,” kata Bupati ketika membuka Festival Bunga dan Karnaval Mobil Hias dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke-149 di Pendopo Palabuhanratu, Minggu (15/9/2019).

Tahun ini, kata bupati, event tersebut diselenggarakan untuk tingkat Kabupaten Sukabumi dan secara bertahap dijadikan event tingkat provinsi dan nasional. Ke depannya tidak tertutup kemungkinan Festival Bunga menjadi event berskala internasional yang dihadiri negara-negara dari berbagai belahan dunia.

Kabupaten Sukabumi, ujar Marwan, memiliki potensi yang sangat besar dan beragam untuk produksi bunga dan daun potong. Hasil pertanian bunga dari Kabupaten Sukabumi sudah mampu menembus pasar nasional dan pasar internasional. Pemkab Sukabumi, kata bupati, terus mendorong para petani bunga untuk memenuhi kebutuhan pasar florikultura di berbagai segmen.

“Melalui Festival Bunga ini, kami mempromosikan potensi bunga potong dan daun potong yang ada di Kabupaten Sukabumi,” kata bupati.

Untuk mewujudkan Festival Bunga Kabupaten Sukabumi sebagai ajang promosi berlevel internasional, lanjut dia, diperlukan dukungan dari semua pihak agar program tersebut dapat diimplementasikan dengan  sungguh-sungguh dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

“Harus kita sadari bahwa untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan, salah satunya dengan menggelar event internasional. Karenanya penyelenggaraan Festival Bunga Kabupaten Sukabumi ini harus kita dorong menuju level tersebut. Kami harapkan penyelenggaraannya dimanage secara profesional,” ujar Marwan.

Festival Bunga dan Karnaval Mobil Hias disambut ribuan warga yang berjejer di pinggir jalan yang dilewati iring-iringan mobil hias dan rombongan para seninam. Sebanyak 49 unit mobil dari SKPD, BUMD, dan BUMN turut serta dalam karnaval tersebut.

Sementara itu, Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Bidang Ekonomi dan pembangunan (Asda II) Dody A. Somantry selaku ketua panitia menyebutkan, festival tersebut merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Sukabumi. Panitia mengharapkan, event ini dapat meningkatkan gairah dan motivasi petani untuk pengembangan tanaman hias di Kabupaten Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email