Peserta PTSL Desa Cibodas Terlihat Ceria Menerima Sertifikat Tanah

oleh -
Kades Cibodas, H. Ujang Suparman (kiri) secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada salah seorang peserta program PTSL.

Wartawan Joko Samudro

Para peserta program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi tempak ceria ketika merima sertifikat tanah yang disertifikasi lewat program tersebut. Mereka menerima sertifikat tanah dari pegawai Kantor Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Sukabumi di aula Balai Desa Cibodas, Kamis (16/7/2020).

banner 970x90

Penyerahan sertifikat dari program PTSL itu berjalan lancar, tanpa hambatan. Pembagian sertifikat tersebut merupakan tahap pertama dengan jumlah sertifikat yang diserahkan mencapai 283 lembar. Jumlah permohonan sertifikat pada program PTSL di Desa Cobodas mencapai 1.400 berkas.

Pada kegiatan tersebut tampak hadir Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman yang didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat serta perangkat Kantor Kecamatan Bojonggenteng. Secara simbolis Ujang menyerahkan sertifikat kepada salah satu warga penerima sertifikat program PTSL.

“Kami turut berbahagia atas terlaksananya pembagian sertifikat tahap pertama dari program PTSL. Mudah-mudahan bagi peserta program PTSL yang belum selesai sertifikatnya dapat segera menerima haknya itu,” kata Ujang saat ditemui wartawan setelah penyerahan sertifikat program PTSL.

Kepemilikan sertifikat atas tanah milik warga, kata dia, sangat penting sebagai bukti yang berkepastian hukum atas kepemilikan bidang tanah. Karena itu Pemdes Cibodas memberikan dukungan penuh terhadap program PTSL di desanya.  

Warga Desa Cibodas yang menjadi peserta program PTSL menunggu giliran penyerahan sertifikat.

Proses pembuatan sertifikat melalui program PTSL membutuhkan waktu selama 3 bulan mulai dari pendaftaran, pendataan, hingga pengukuran tanah.

Ujang pun mengapresiasi program pemerintah tersebut. Melalui program PTSL, ujar dia, pemerintah sangat memperhatikan legalitas status tanah milik masyarakat. Dengan program ini pemerintah memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan kepastian hukum atas hak kepemilikan tanahnya berupa sertifikat.

“Kami berharap kepada peserta program PTSL untuk memanfaatkan dengan baik sertifikat tanah miliknya untuk kepentingan pengembangan usaha dan ekonomi,” tutur Kades Cibodas. (*)

Print Friendly, PDF & Email