Dipenuhi, Janji Bupati untuk Pengaspalan Jalan Akses Tiga Desa di Simpenan

oleh -
Para pekerja secara bertahap mengerjakan bagian-bagian pengaspalan pada ruas jalan yang menghubugkan tiga desa di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan M. Ridwan   

Pengaspalan jalan penghubung tiga desa di Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi disambut oleh warga setempat. Hasil kegiatan peningkatan infrastruktur perhubungan yang menghubungakan desa-desa Cidadap, Cibuntu, dan Mekarasih tersebut dapat meningkatkan perputaran roda perekonomian masyarakat di tiga desa.

banner 970x90

“Ini janji Pak Bupati. Beliau pernah menyampaikan akan mengaspal jalan yang menghubungkan tiga desa. Tentu saja kami menyambut kegiatan pengaspalan ini dengan gembira dan semangat,” kata Agus, salah seorang warga yang rumahnya terlewati oleh bentangan jalan yang diaspal kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Desa-desa yang dihubungkan oleh bentangan jalan yang diaspal itu terdiri dari Cidadap, Cibuntu, dan Mekarasih. Selama ini, ujar Agus, warga di tiga desa mengalami kesulitan ketika melewati ruas jalan tersebut karena banyak bagian yang rusak parah. Dengan adanya pengaspalan tersebut, ruas jalan yang menghubungkan desa-desa tersebut menjadi mulus.

“Jalan yang mulus ini dapat mempercepat pergerakan orang dan barang yang melintasi tiga wilayah desa. Untuk itu kami megucapkan terima kasih kepada Pak Bupati,” tutur Agus.

Panjang jalan yang diaspal itu mencapai 4 kilometer dengan rincian 3,7 kilometer berada di wilaha Desa Cibuntu dan 300 meter di wilayah Desa Cidadap. Lebarnya 3 meter. Sementara ruas jalan yang terdapat di Desa Mekarasih relatif masih bagus dan layak untuk dilewati kendaraan bermotor.

Proyek tersebut dikerjakan oleh CV Sambaja Utama dengan nilai pekerjaan sebesar Rp3,6 miliar yang dananya berasal dari APBD Kabupaten Sukabumi. Secara bertahap, kontraktor terus mengerjakan proyek tersebut.

Tingkat penyelesaiannya beragam antara satu ruas dengan ruas jalan lainnya. Sampai sekarang, ada bagian ruas jalan yang sudah masuk tahap pemasangan lapis penetrasi, sebagian masih pembersihan badan jalan.

“Nanti ada pengerjaan pemasangan lapisan agregat kelas B dan hotmix. Setelah selesai semua, ketebalan lapisannya mencapai 35 cm,” kata Koordinator Lapangan Proyek, Abah Mamun. (*)  

Print Friendly, PDF & Email