Orang Gangguan Jiwa Melahirkan Cahaya di RS Palabuhanratu

oleh -
Salah seorang pengasuh di Panti Aura Welas Asih memangku bayi yang dilahirkan ODGJ di RSUD Palabuhanratu.

Wartawan Falah Kurnia Robi

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) bernama Ik (27) melahirkan bayi dengan mulus di RSUD Palabuhanratu. Berdasarkan kesepakatn keluarga dan pengasuh Panti Sosial dan Rehabilitasi Sosial Aura Welas Asih (PS AWA) tempat Ik bernaung, bayi yang dilahirkannya diberi nama Cahaya Arrahman.

banner 970x90

“Memang benar salah satu penghuni panti yang kami kelola melahirkan. Alhamdulillah proses persalinannya di RSUD Palabuhanratu berjalan lancar,” kata pengasuh PS Aura Welas Asih, Deni Solang kepada wartawan, Selasa (16/7/2019).

Proses persalinannya, ujar Deni, melibatkan tenaga paramedis dari Puskesmas Palabuhanratu. Di puskesmas, Ik sempat pecah ketuban. Lalu, para petugas bergegas membawa Ik ke RSUD Palabuhanratu.

“Kami sempat khawatir atas kondisi yang bersangkutan. Semuanya berjalan dengan lancar. Dia melahirkan anak laki-laki dengan berat 1,2 kilogram dan tinggi 47 cm. Bayi itu sudah kami beri nama yaitu Cahaya Arrahman,” jelas Deni.

Ik, lanjut Deni, asalnya terlunta-lunta di Bandung. Berdasarkan pengakuan, Ik dan keluarganya tinggal di Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Dia dikirim oleh Dinas Sosial Kota Bandung ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, kemudian ditempatkan di PS AWA yang berlokasi di Jalan Pelita Cipatuguran Gualalay, Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

“Waktu masuk panti kami, dia sedang mengandung delapan bulan. Kami merawatnya hingga dia melahirkan,” tutur Deni. (*)

Print Friendly, PDF & Email