Desa Cibodas Salurkan Bansos Kemensos Tahap II

oleh -
Kepala Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, H. Ujang Suparman secara simbolis menyerahkan bantuan sosial dari pemerintah pusat kepada salah satu penerima bantuan disaksikan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Cibodas.

Wartawan Joko Samudro

Pemdes Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat  menyalurkan dana bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) tahap II tahun 2020 bertempat di aula balai desa setempat, Selasa (16/6/2020).

banner 970x90

Pada penyaluran bansos tersebut, panitia menyerahkan bantuan sebesar Rp600 ribu masing-masing kepada 318 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdata oleh Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Para hadirin, baik staf desa maupun penerima bantuan mentaati aturan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan menjaga jarak di antara mereka.

“Bantuan diberikan kepada KPM yang nemanya tercantum pada daftar dari Dinas Sosial. Dalam penyaluran bantuan  ini, kami mengikuti juklak dan juknis dari Kementerian Sosial,” kata Kepala Desa Cibodas, H. Ujang Suparman kepada awak media di tengah kesibukan pembagian bansos.

Atas nama warga Desa Cibodas, khususnya KPM bansos tersebut, Ujang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kemensos RI yang telah menyalurkan dana bansos tahap II. Ucapan yang sama disampaikan kepada  seluruh perangkat desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan relawan yang turut membantu penyaluran bansos.

“Alhamdulillah penyaluran bantuan dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” tutur Ujang.

Kades Cibodas mengharapkan para penerima bantuan bisa memanfaatkan bansos yang diterimanya dengan sebaik mungkin. Ujang menyampaikan, selain bansos dari pusat masih ada bantuan lainnya dari provinsi, kabupaten, dan desa yang diberikan kepada masing-masing penerima tanpa tumpang tindih.

“Saat ini banyak masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 membutuhkan bantuan. Karena itu pemerintah menggulirkan berbagai jenis bantuan sosial,” kata Ujang.

Pada bagian lain, kades mengimbau masyarakat untuk selalu mengenakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Jangan lupa pula, kata dia, masyarakat harus selalu  menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumanan, serta menjaga jarak ketika berada di tengah keramaian. (*)  

Print Friendly, PDF & Email