Dana PISEW Kecamatan Ciambar Disalurkan untuk Jalan Hotmix

oleh -
Kegiatan peningkatan jalan dengan aspal hotmix yang dibiayai dana PISEW di Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro (Suroboyo)

Dana PISEW (Pengembangan Infrastruktur Ekonomi Wilayah) yang dikelola oleh Kantor Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2019 disalurkan untuk peningkatan jalan di tiga desa. Berkat penyaluran dana tersebut, tiga ruas jalan di tiap-tiap desa berubah menjadi infrastruktur perhubungan berlapis aspal hotmix.

“Penggunaan dana PISEW tahun 2019 difokuskan untuk pembangunan infrastruktur jalan dengan hotmix. Lokasinya di tiga desa,” kata  Ketua BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) Kecamatan Ciambar, Ubad Badruyaman kepada wartawan, Minggu (16/6/2019).

Kegiatan yang dibiyai dana PISEW itu telah selesai dikerjakan, ujar Ubad. Masyarakat di tiga desa yaitu Desa Ambarjaya, Desa Cibunarjaya, dan Desa Ciambar telah dapat menikmati mulusnya jalan desa tempat tinggal mereka. Warga tidak lagi terganggu oleh debu pada musim kemarau dan lumpur pada musim hujan ketika melintasi ruas-ruas jalan yang dihotmix tersebut.

“Alhamdulillah semua sudah kami selesaikan pembangunannya. Semoga jalan yang kami tingkatkan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat,” ujar dia.

Rincian dari proyek jalan yang dibiayai PISEW tahun 2019 itu terdiri dari pekerjaan hotmix di Kampung Leuwinanggung, Desa Ambarjaya dengan panjang jalan 630 dan lebar 2,5 meter; pekerjaan jalan di Desa Cibunarjaya dengan panjang  500 meter dan lebar 2,5 meter; dan pengaspalan di Kampung Cijawa, Desa Ciambar  dengan panjang jalan 580 meter dan lebar 2,5 meter. Total dana yang disalurkan sebesar Rp600 juta.

Ruas-ruas jalan tersebut, jelas Ubad, merupakan poros jalan yang berada dalam satu bentangan sebagai penghubung tiga desa. Ketiga jalan tersebut juga terakses ke area pertanian milik warga. Selain itu, jalan-jalan yang dihotmix merupakan akses utama yang digunakan oleh warga untuk berangkat ke tempat kerja atau sekolah. (*)

Print Friendly, PDF & Email