Kelurahan Karangtengah Tuntaskan Penyaluran 234 Paket Bansos JPS

oleh -
Persiapan penyaluran bantuan dari program JPS Pemkot Sukabumi di Kantor Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Hanya butuh waktu satu hari Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunungpuyuh menuntaskan pembagian 234 paket sembako yang bersumber dari APBD Kota Sukabumi lewat program Jaringan Pengamanan Sosial (JPS) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Paket bansos tersebut didistribusikan melalui 16 RW di kelurahan tersebut.

banner 970x90

Kasi Kesejahteraan Sosial pada Kantor Kelurahan Karangtengah, Sri Siswanti, S.IP, Sabtu (16/5/2020), kepada wartawan mengatakan, data penerima bansos JPS disusun berdasarkan pengajuan dari RT dan RW. Para penerima merupakan warga miskin baru yang tidak masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) juga  data non-DTKS yang mendapatkan bantuan gubernur.

“Dalam pendataan, para ketua RT dan ketua RW diberi wawasan dan pengetahuan tentang KPM yang layak mendapat bantuan dari program JPS. Intinya penerima haruslah warga yang belum mendapatkan bantuan sama sekali,” jelas Sri.

Bantuan JPS dari Pemkot Sukabumi masuk ke Kantor Kecamatan Gunungpuyuh pada Kamis (15/5/2020) untuk 711 KPM. Kemudian pada Jumat (15/5/2020), paket tersebut disebar ke empat kelurahan, termasuk Karangtengah. Dari kelurahan, bantuan didistribusikan ke seluruh RW.   

Selanjutnya, RT dan RW yang membagikan paket tersebut langsung ke masyarakat. Untuk mengedarkan paket-paket tersebut, para ketua RT dan ketua RW memperoleh dana operasional yang besarnya Rp10 ribu untuk satu paket bansos.    

Dalam pengelolaan paket JPS itu, Kantor Kelurahan Karangtengah juga bekerja sama dengan Puskesos (Pusat kesejahteraan sosial) dan PSM (Pekerja Sosial Masyarakat).

Diakui Sri, jumlah 234 KPM yang kalau dirata-ratakan untuk 16 RW hanya 15 KPM tiap RW tentu belum bisa mengcover warga miskin baru yang membutuhkan bantuan.  

Untuk mengatasi kondisi tersebut, Kelurahan Karangtengah mengikutsertakan warga miskin baru yang belum tercover itu pada program Halo Sosial dari Dinas  Sosial. Program ini menyediakan 15 ribu paket bantuan untuk satu bulan dengan nilai satu paket Rp150 ribu.

“Ada juga program dari DKP3 berupa paket sembako yang berisi beras 7 kilogram, minyak goreng, telur, dan bahan makanan yang lainnya,” jelas Sri. (*)

Print Friendly, PDF & Email