Kelurahan Karamat Gencarkan Program Gasibu dan Apem

oleh -
Lurah Karamat Heri Purnomo (tengah) menyerahkan nasi bungkus kepada pengemudi ojek pangkalan dalam program Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Untuk bangkit dan keluar dari zona merah Covid-19, Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi menggencarkan program sosial untuk membantu warga terdampak dan program pencegahan penyebaran Virus Corona.

banner 970x90

Kedua program itu bernama Gasibu (Gerakan Nasi Bungkus) dan Apem (Ayo Pakai Masker). Program-program ini dilaksanakan secara sinergis bersama Puskesmas Karamat, PMI, dan RW Kreatif Siaga Covid-19.

“Kami terus gaspol untuk menggencarkan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dengan program Gasibu dan Apem kami memdatangi berbagai komunitas masyarakat,” kata Lurah Karamat, Hery Purnomo saat ditemui wartawan di lapangan, Sabtu (16/5/2020).

Sasaran program Gasibu antara lain pekerja informal, pedagang kecil dan keliling, ojek pangkalan, dan warga miskin. Program ini digelar setiap hari Jumat dan sudah berjalan tiga kali. Bahan makanan untuk Gasibu dikumpulkan melalui donasi oleh RW Kreatif Siaga Covid-19. 

Setelah terkumpul, bahan makanan  dimasak oleh para kader PKK di dapur umum. Sudah tiga kali putaran Gasibu, dapur umum menghasilkan 50 sampai 60 paket nasi bungkus untuk dibagikan langsung kepada masyarakat. Pada pembagian nasi tersebut, Lurah Hery turun langsung memimpin gerakan.

“Pembagian nasi bungkus dibarengi dengan sosialisasi dan edukasi serta pembagian masker,” ucapnya. 

Dari jumlah 9 RW yang dipimpinannya, lanjut Hery, satu RW berada di wilayah institusi kenegaraan yang pernah terserang Virus Corona. Karena itulah, Karamat masuk zona merah.

Terkait program Jaring Pengaman Sosial yang dibiayai APBD Kota Sukabumi, Kelurahan Karamat mendapat jatah sebanyak 136 paket yang semuanya telah disebar ke RW-RW.

“Selanjutnya oleh Pak RW dan Pak RT, bantuan tersebut akan dibagikan kepada warga yang berhak menerima,” jelas Hery. (*)  

Print Friendly, PDF & Email