TPS 15 Dayeuhluhur Didekorasi Seperti Tempat Hajatan

oleh -
Petugas KPPS di TPS 15 Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi sibuk memasang gapura untuk mendekor TPS menjadi bersuasana seperti hajatan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Guna menarik minat warga agar datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk  menyalurkan suaranya, jajaran KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara)  TPS 15, di RW 07, Kelurahan Dayeuhluhur,  Kecamatan Warudoyong,  Kota Sukabumi menyulap suasana TPS seperti tempat hajatan bernuasa budaya Sunda.

banner 720x90

Ditemui di lokasi, Ketua KPPS TPS 15, Nana Suryana (49) kepada wartawan, Selasa (16/4/2019) sore mengatakan, dengan dekorasi khas Sunda, TPS akan menarik minat warga untuk menyalurkan hak suaranya sehingga 392 warga yang terdaftar di DPT bisa hadir semuanya. 

“Ini merupakan salah satu cara kami untuk menarik warga datang ke TPS agar besok mereka yang masuk DPT menyalurkan hak pilihnya,” ujar dia.   

Selain mendekorasi lingkungan TPS, Nana juga memberlakukan ketentuan cara berpakaian petugas KPPS. Petugas laki-laki diharuskan memakai  seragam batik lengkap dengan ikat kepala,  sedangkan para perempuan mengenakan baju kebaya. Selama pemungutan suara berlangsung, para pemilih dan panitia akan diberi sajian musik berirama Sunda.  Lokasi TPS 15 berada di tempat pemotongan kayu.

“Seperti hajatan,  di TPS ada pagar ayu dan pagar bagus untuk menyambut para pemilih. Kami juga menyediakan pisang sebagai makanan penyambut bagi pemilik suara,” jelas Nana.

TPS 15 menerima  kotak suara dan surat suara pada pukul 15.00 WIB yang dikirim oleh PPS (Panitia Pemungutan Suara)  tingkat kelurahan dengan pengawalan ketat oleh polisi dan tentara. Logistik pemilu tersebut diamankan di tempat yang terlindungi dari gangguan dengan penjagaan oleh Linmas. 

banner 720x90

“Hanya saja untuk surat suara DPR RI,  kami belum menerima. Katanya akan diserahkan langsung oleh  Panitia Pemilihan Kecamatan,” ujar Nana. 

Terkait surat suara DPR RI yang belum diterima oleh TPS 15 Kelurahan Dayeuhluhur,  Ketua KPU Kota Sukabumi,  Sri Utami lewat telepon genggamnya menjelaskan, berdasarkan laporan yang diterima dari PPK Warudoyong,  terdapat 8   kotak suara DPR RI yang belum dikirim karena memang kabeltiesnya rusak.

Menurut dia, mungkin saat pengiriman dari gudang logistik KPU ke PPK terjadi pergeseran kotak suara yang menyebabkan kerusakan pada kabelties atau kabel pengikat gembok untuk kotak suara.

“PPK Warudoyong sedang melakukan proses penggantian dan sudah diketahui oleh Bawaslu. Kami bisa memastikan, kotak suara DPR RI untuk 8 TPS di Kelurahan Dayeuhluhur akan didistribusikan malam ini juga,” tandasnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email