Bupati Instruksikan Rumah Sakit Sediakan Pelayanan yang Nyaman

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menggunting pita sebagai tanda diresmikannya gedung PONEK dan instalasi farmasi di RSUD Palabuhanratu.

Wartawan Usep Mulyana (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menginstruksikan manajemen rumah sakit, terutama RSUD untuk meningkatkan pelayanan dengan menyediakan tempat yang nyaman dan waktu tunggu yang lebih singkat. Selain itu para petugas rumah sakit diwajibkan menunjukkan sikap yang ramah dan sopan ketika menghadapi pasien atau keluarganya.

banner 720x90

Perintah bupati itu disampaikan ketika meresmikan gedung Pelayanan Obstetric Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) dan instalasi farmasi di RSUD Pelabuhanratu, Senin (15/4/2019). Semua pasien yang datang ke rumah sakit, kata dia, harus dapat merasakan kepuasan pelayanan dari staf dan tenaga medis.  

“Semua masyarakat harus terlayani dengan baik oleh rumah sakit karena kesehatan merupakan salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan oleh pemerintah. Rumah sakit berfungsi menyelenggarakan pelayanan sebagai bentuk pelaksanaan dari urusan wajib,” ujar bupati.

Dia juga mengajak seluruh jajaran rumah sakit untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam melayani dan mengoptimalkan pelayanan kesehatan. Rumah sakit, lanjut bupati, merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kepala daerah mengharapkan diresmikannya  PONEK dapat meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya dalam perlindungan kepada ibu dan bayi. Keberadaan gedung baru PONEK harus dapat membantu program pemerintah daerah dalam upaya menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Sukabumi. 

“Dengan tersedianya dua fasilitas tersebut, pelayanan di RSUD Palabuhanratu dapat lebih ditingkatkan,” tambahnya.

banner 720x90

Pada peresmian PONEK dan instalasi farmasi itu, Marwan melakukan gunting pita dan menandatangani prasasti serta meninjau lokasi kedua gedung yang telah diresmikan. Dalam peninjauannya itu, bupati  sempat menyapa dan berbincang dengan para pasien dan keluarga yang berada di ruang perawatan.

Dia menanyakan penyakit yang diderita para pasien serta kesannya terhadap pelayanan di RSUD Palabuhanratu. Nampak terlihat masyarakat yang disapa bupati begitu senang dan bercerita tentang pelayanan dan menyampaikan keluhan penyakitnya. Sebagian dari warga ada yang meminta befoto selfie dengan bupati.

Selama berada di lokasi peresmian, bupati didampingi Direktur RSUD Palabuanratu, dr. H. Asep Rustandi dan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi. (*)

Print Friendly, PDF & Email