UPTD Dukcapil Cicurug Rajin Datangi Sekolah

oleh -
Sobari, S.IP. 

Wartawan Joko Samudro (Kowasi)

Unit Pelaksana Teknis Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (UPTD Dukcapil) Wilayah Cicurug, Kabupaten Sukabumi menggencarkan perekaman data untuk e-KTP ke sekolah-sekolah. Dalam menyelenggarakan layanan jemput bola ini, UPTD Dukcapil Cicurug berpatokan pada perintah Kementerian Dalam Negeri. 

Kepala UPTD Dukcapil Wilayah Cicurug, Sobari, S.IP. kepada awak media menjelaskan, program ini digencarkan untuk melayani seluruh remaja yang telah masuk umur memiliki e-KTP.  

“Program jemput bola pelayanan ini untuk merekam data e-KTP bagi umur pemula yakni kalangan anak sekolah,” kata Sobari saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/3/2019).

Setiap hari, jumlah e-KTP yang dicetak untuk umur pemula mencapai rata-rata 75 keping.  Sobari dan jajarannya akan berupaya agar jumlah e-KTP yang tercetak setiap harinya bisa bertambah banyak lagi.

“Untuk umur pemula memang kami dahulukan proses perekaman datanya,” tambah Sobari.

Alasan digencarkannya program layanana jemput bola ke sekolah, lanjut dia, karena banyak di kalangan pelajar yang telah memasuki umur 17 tahun. Pada umur ini, para pelajar sudah bisa memiliki KTP. Jika ditunggu kesadarannya, sulit sekali para pelajar tersebut datang sendiri ke Kantor UPTD Dukcapil Wilayah Cicurug untuk perekaman data e-KTP.

“Karena itu, kamilah yang mendatangi sekolah mereka agar perekaman data bisa dilakukan sekaligus. Melihat banyaknya siswa yang sudah cukup umur untuk memiliki KTP, langkah yang kami lakukan ini sangat efektif dan efisien,” ujar Sobari. (*)


Print Friendly, PDF & Email