Pejabat Kemen PUPR: Asrama di Pesantren Tidak Boleh Kumuh

oleh -
Wakil Bupati Sukabumi, H. Adjo Sardjono (kedua dari kiri) menyambut Direktur Rusun Kementerian PUPR, M. Hidayat pada acara peresmian rusunawa di lingkungan Pesantren Yaspida, Kadudampit.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Direktur Rumah Susun (Rusun) pada Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Ir. Muhammad Hidayat, M.M. menyatakan, tidak boleh ada lagi asrama kumuh di lingkungan pesantren. Bangunan di sekitar pesantren harus bagus dan rapi agar para santrinya bisa berkonsentrasi dalam belajar.

“Dengan demikian para santri yang belajar di pesantren bisa berhasil menjadi ahli agama atau pemimpin di kemudian hari,” kata Hidayat pada peresmian Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa) Ponpes Terpadu Darussyifa Al-Fithroh, Yaspida, Kadudampit, Sukabumi, Jumat (15/3/2019).

Kedatangannya ke Yaspida, ujar Hidayat, untuk meresmikan rusunawa sesuai dengan arahan Presiden RI. Dari seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi ada sekitar 700 pesantren yang mengusulkan pembangunan asrama kepada Kemen PUPR.

“Alhamdulillah tahun ini Rusunawa di pesantren ini bisa diresmikan. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kabupaten Sukabumi atas kemudahan dalam proses penerbitan IMB,” kata Hidayat.

Sebanyak 250 santri bisa menempati rusunawa tersebut, tambah dia. Hidayat mengharapkan kesungguhan Pesantren Yaspida dalam membangun asrama santri dijadikan contoh oleh pesantren yang lainya di Jawa Barat. 

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, Drs. H. Adjo Sardjono, M.M. yang hadir pada acara silaturahmi dalam rangka peresmian, penyerahan, dan pemanfaatan Rusunawa Darussyifa Al-Fithroh itu mengapresiasi kesungguhan pemerintah pusat dalam membangun sarana pendidikan di lingkungan pesantren.

Rusunawa ini, kata dia, harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh santri dan pengelola pesantren. Pemkab Sukabumi, ujar dia, akan mendorong penambahan akses jalan di sekitar Yaspida untuk mengurangi kemacetan.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas  pembangunan insfrastruktur di wilayah Kabupaten Sukabumi yang manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar wabup. (*)

Print Friendly, PDF & Email