Sumringah, Warga Cibodas Sambut Program PTSL

oleh -
Para narasumber pada sosialisasi program PTSL di Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Warga Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sering menemukan kegembiraan dan kebahagiaan. Namun kegembiraan kali ini sangat istimewa karena mereka akan memperoleh  sertifikat tanah dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

banner 720x90

Sosialisasi program PTSL yang sangat dirindukan warga itu digelar di Balai Desa Cibodas, Kamis (16/1/2020). Ketika mengikuti kegiatan sosialisasi PTSL tersebut, wajah penduduk tampak sumringah dan berseri-seri. Mereka bahagia karena akan mempunyai sertifikat tanah dengan cara yang mudah dan murah.

“Kehadiran program ini sangat membantu kami selaku pemerintah desa dan warga kami karena memberikan berbagai kemudahan dan kepastian dalam proses pembuatan sertifikat tanah. Jadi kami merasa gembira dengan adanya program ini,” kata Kepala Desa Cibodas, Ujang Suparman di tengah kesibukan sosialisasi program PTSL. 

Secara pribadi dan jabatan, Ujang merespon dan menyambut program tersebut. Meskipun banyak tahapan yang harus ditempuh mulai sosialisasi, pematokan, pengukuran, dan verifikasi data, dia menjalaninya dengan perasaan senang. Karena dari program PTSL, rakyatlah yang dapat menikmatinya secara langsung.

“Setelah semua tahapan selesai, nanti dilakukan pendataan yuridis. Dalam proses pengambilan sertifikat, pemilik tanah tidak dipungut biaya sepeser pun. Jadi tidak ada pungutan ataupun biaya penebusan untuk sertifikat. Program ini benar-benar gratis,” ujar Ujang.

Masyarakat Desa Cibodas menyambut dengan gembira program PTSL.   

Ketika semua prosedur telah ditempuh, lanjut dia, Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan mengumumkan penetapan sertifikat milik masyarakat, lanjutnya.

Ujang mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama Kantor BPN Kabupaten Sukabumi yang berperan besar dalam peluncuran program PTSL di Desa Cibodas. (*)

Print Friendly, PDF & Email