Saba Desa, Media Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah

oleh -
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menyerahkan bantuan kepada salah satu warga lansia pada acara Saba Desa di Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Kegiatan Saba Desa merupakan media silaturahmi dan komunikasi antara masyarakat dengan aparat pemerintah untuk mensosialisasikan program-program pembangunan. Melalui Saba Desa, masyarakat bisa mengetahui program-program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di wilayah tempat mereka tinggal.

Selain itu pada kegiatan Saba Desa, masyarakat juga bisa menyalurkan aspirasinya secara langsung kepada bupati dan kepala perangkat daerah terkait. Pada kesempatan tersebut, pemda bisa mensosialisasikan pencapaian dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) langsung kepada masyarakat.

Demikian hal itu disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada kegiatan Saba Desa di Desa Sirnajaya, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Kamis (14/11/2019) lalu. Terkait RPJMD, ujar bupati, Pemkab Sukabumi tetap akan merealisasikan semua programnya sampai dengan 2020.

“Salah satu sektor yang mendapat perhatian khusus dari kami adalah rehabilitasi rumah tidak layak huni atau RTLH,” tutur Marwan.

Di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi terdapat sekitar 35.000 RTLH yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah untuk diperbaiki. Sampai sekarang, jumlah RTLH yang telah mendapatkan bantuan sekitar 5 ribu unit. Untuk bisa menyelesaikan renovasi 35 ribu RTLH, pemda membutuhkan waktu sekitar tujuh tahun.

“Program renovasi RTLH tersebut melibatkan berbagai kalangan, salah satunya Baznas,” ujar dia.

Pada kesempatan itu, bupati meyerahkan 50 paket bingkisan  sembako secara simbolis kepada dua orang perwakilan kaum dhuafa yakni Ema Ulun dan Abah Utoy. Marwan juga memberikan bantuan berupa bibit ikan nila dan ikan sidat ke Ponpes Assalam dan Yayasan Al-Muhtar Warungkiara.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan dan peresmian Jalan Sirnajaya dan hasil renovasi RTLH yang ditandai degan gunting pita dan penyerahan kunci. Selain itu Bupati Sukabumi menyerahkan air bersih secara simbolis kepada warga yang mengalami kekeringan.

Sementara itu Camat Warungkiara, Asep Suhendar menyamapaikan berbagai pencapaian pembangunan di wilayahnya. Salah satunya Desa Sirnajaya yang mendapatkan bantuan dana renovasi untuk 50 RTLH dari Kementerian PUPR. (*)

Print Friendly, PDF & Email