Bupati Instruksikan Panitia Wujudkan Pilkades Berkualitas

oleh -
Para peserta bimtek Panitia Pilkades Angkatan 25 dari 10 desa di Kecamatan Cisaat dan Kecamatan Gunungguruh.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menginstruksikan panitia untuk mewujudkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang berkualitas, sukses administrasi, dan sesuai dengan prosedur. Salah satu syarat terselenggaranya pilkades berkualitas adalah ketelitian administrasi dan  tanggung jawab Panitia Pilkades dalam melaksanakannya.

banner 970x90

Perintah bupati itu disampaikan di hadapan para peserta Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pilkades Angkatan ke-25 di Hotel Sukabumi Indah Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/8/2019). Panitia Pilkades, ujar bupati, juga harus  mencermati rekam jejak para calon kades dengan baik agar dihasilkan kepala desa  yang membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang akan dipimpinnya kelak.

“Panitia Pilkades harus benar-benar cermat sehingga penyelenggaraan Pilkades bisa sukses secara administratif, pelaksanaannya sesuai dengan aturan, serta mendapatkan hasil yang dapat memenuhi harapan masyarakat,” kata bupati.

Panitia juga, lanjut Marwan, harus bisa menyeleksi para calon kepala desa agar mereka yang ikut dalam pemilihan adalah para calon yang memiliki program-program yang berpihak pada masyarakat. Di sisi lain, para calon juga mesti memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi.  

Bupati mengharapkan pembekalan yang diikuti Panitia Pilkades dapat memberikan bekal pengetahuan dan kesiapan mereka untuk menjalankan peran dan tugasnya dalam menyelenggarakan pesta demokrasi di tingkat desa. Dari bimtek yang diikutinya, kata bupati, panitia diharapkan memiliki motivasi dan rasa percaya diri dalam menunaikan amanat yang diembannya.

“Sebagai penyelenggara, panitia harus menjunjung tinggi netralitas dalam arti tidak ada keberpihakan dan on the right track dalam menegakkan  aturan. Dengan demikian, dalam pelaksanaannya, Pilkades dapat berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Marwan. 

Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Tendi Hendrayana menyampaikan, bimtek dilaksanakan selama dua hari sampai dengan Kamis (15/8/2019). Tujuannya untuk membangun pemahaman yang sama agar tercipta Pilkades yang lancar dan sukses.

Bimtek diikuti 110 peserta yang berasal dari 10 desa di Kecamatan Cisaat dan Kecamatan Gunungguruh. Rinciannya 7 desa dari Cisaat dan 3 desa dari Gunungguruh. Setiap desa mengirim 11 personel Panitia Pilkades. (*)

Print Friendly, PDF & Email