Wakil Wali Kota Optimis Kondisi Perekonomian Membaik

oleh -
Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami  mengatakan setelah mencapai status zona hijau, Kota Sukabumi akan mengalami perbaikan kondisi ekonomi. Namun demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi ancaman wabah Covid-19 karena Virus Corona belum benar-benar hilang sekalipun statusnya telah masuk zona hijau.

banner 970x90

Optimisme wakil wali kota itu sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang melibatkan berbagai kalangan seperti pemda, pemerintah pusat dan BUMN. Dalam rangka PEN, Pemkot Sukabumi telah melakukan pembicaraan dengan kalangan perbankan dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yakni BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan.

“Respon perbankan dan PNM cukup baik dan siap menggulirkan program penyaluran modal untuk menyelematkan UMKM di Kota Sukabumi,” kata wakil wali kota kepada wartawan, Selasa (14/7/2020).

Secara kontinyu, ujar dia, Pemkot Sukabumi terus melakukan pendataan terhadap UMKM untuk mengetahui kondisi usha mereka yang sesungguhnya. Dari pendataan tersebut nantinya akan diketahui pelaku usaha yang terdampak wabah Covid-19, UMKM yang tidak terdampak, dan pelaku usaha baru yang tumbuh menjadi entrepreneur. 

“Melihat perkembangan pelaku usaha di Kota Sukabumi, kami optimis kondisi perekonomian secara keseluruhan akan membaik. Status zona hijau dapat mendorong pemulihan ekonomi dengan lebih cepat,” tutur dia.

Salah satu indikator dapat terwujudnya pemulihan ekonomi dengan cepat, lanjut dia, adalah adanya loncatan inovasi dan kreativitas dari para pelaku usaha. Salah satu bentuk inovasi dari para pelaku UMKM di Kota Sukabumi ketika menghadapi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) adalah penjualan dengan sistem online.

“Dengan penjualan online, beberapa pelaku usaha terhindadr dari kebangkrutan, usaha mereka tetap jalan,” kata Andri. (*)

Print Friendly, PDF & Email