Raker Komisi I, Para Camat Ditanya Realisasi Anggaran dan PAD

oleh -
Koordinator Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama.

Wartawan Aep Saepudin  

Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar rapat kerja (raker) dengan mitra kerjanya di pemerintahan yaitu para camat se-Kabupaten Sukabumi. Pada raker itu, Komisi I dan para camat membahas realisasi belanja APBD dan PAD (Pendapatan Asli Daerah) tahun anggaran 2020.

banner 970x90

Raker tersebut diselenggarakan di Aula Gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi Jalan Raya Kadupugur, Kecamatan Cicantayan, Rabu (15/7/20). Pembahasan rapat difokuskan pada penggunaan APBD setelah diberlakukan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Melalui rapat ini, kami ingin mengetahui persentase capaian penggunaan anggaran dan realisasi PAD untuk tahun anggaran 2020. Hari ini kami rapat dengan para camat, kemarin dengan perangkat daerah mitra kami,” kata Koodinator Komisi I yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama seusai memimpin rapat kerja.

Materi rapat difokuskan pada evaluasi pencapaian penggunaan anggaran oleh para camat dan PAD.  Komisi I memahami, kata Yudi, adanya wabah Covid-19 menimbulkan hambatan dalam mencapai target PAD seperti realisasi sektor pajak yang  terhambat karena sulit penagihannya akibat wabah.

“Sekarang ini masyarakat sedang mengalami kesulitan, tetapi kita harus berusaha agar masyarakat bisa memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak. Hal ini terkait erat dengan kewajiban masyarakat dan haknya untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah,” ujar Yudi.

Diskusi pada raker tersebut, kata Yudi, juga membicarakan solusi untuk dapat meningkatkan PAD. Masukan-masukan dari peserta rapat dibahas dan didiskusikan dengan anggota Komisi I dan para camat.

“PAD itu penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Karena itu untuk mewujudkan target dan realisasi PAD harus dicarikan solusinya bersama-sama. Terkait hal ini kami meminta masukan dari para camat,” kata dia.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Perangkat Kecamatan Kabupaten Sukabumi (APEKKASI) Syamsul Bahri menjelaskan, di beberapa kecamatan realisasi PAD masih di bawah 50 persen. Jadi untuk tahun 2020 ini, aparat di wilayah harus berupaya untuk mencapai target PAD.

“Pada rapat tadi, kami juga menyampaikan secara singkat laporan pelaksanaan tahun anggaran 2019,” kata Syamsul yang sehari-hari menjabat Camat Palabuhanratu. (*)

Print Friendly, PDF & Email