Pemdes Cibunarjaya Salurkan Dua Bansos Sekaligus

oleh -
Secara simbolis, Kades Cibunarjaya, Ujang Suhanto menyerahkan BLT DD kepada salah seorang penerima bantuan.

Wartawan Joko Samudro

Tanpa membuang-buang waktu, Pemdes Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi langsung menyelesaikan pembagian dua bansos sekaligus yakni dari Pemprov Jabar dan BLT Dana Desa (DD) tahap III tahun 2020. Dengan pembagian bansos provinsi dan BLT DD tersebut, Pemdes Cibunarjaya memberikan hak bantuan bagi warga yang terdampak wabah Covid-19. 

banner 970x90

Pada pembagian bansos tersebut, Pemdes Cibunarjaya menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19. Semua hadirin, baik penerima bansos, perangkat desa, maupun relawan mengenakan masker. Pembagian dilaksanakan di aula Balai Desa Cibunarjaya, Rabu (15/7/2020).

Kepala Desa Cibunarjaya, Ujang Suhanto berada di tempat pembagian bansos dari awal hingga selesai. Dia hadir bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat yang bersama-sama melakukan monitoring serta pengawalan. Secara keseluruhan pembagian bansos provinsi dan BLT DD di Desa Cibunarjaya berjalan dengan lancar dan tertib.

“Kami sangat bahagia bisa menyelesaikan pembagian bansos dari provinsi ini. Apalagi melihat warga yang menerima bansos tampak senang dan bahagia. Mudah-mudahan bansos ini mendatangkan keberkahan bagi kami,” tutur Kades Ujang kepada wartawan di sela-sela kesibukannya pembagian bansos provinsi dan BLT DD tersebut.

Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) yang memperoleh bansos provinsi  mencapai 315 keluarga, sedangkan jumlah penerima BLT DD sebanyak 245 keluarga.

Dengan tertib warga penerima bantuan sosial menunggu giliran dipanggil oleh panitia pembagian bansos di Desa Cibunarjaya.  

Dari bansos provinsi, penerima menerima bantuan yang seluruhnya bernilai Rp500 ribu dengan rincian Rp350 ribu dalam bentuk bahan makanan dan Rp150 ribu berupa uang tunai. Adapun penerima BLT DD mendapatkan Rp600 ribu uang tunai tiap penerima. 

“Kami harapkan para penerima bansos ini dapat menggunakan bantuan yang diterimanya dengan sebaik mungkin agar memberikan manfaat yang maksimal bagi keluarga mereka,” tutur Ujang.

Hendaknya, ujar dia, para penerima bansos, baik dari provinsi, pusat, daerah, ataupun desa tidak melihat besar kecilnya nilai bantuan. Para penerima harus  melihatnya dari sisi kesungguhan pemerintah dalam membela dan memperhatikan nasib masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

“Kita harus bersyukur atas rezeki yang diterima oleh kita supaya berkah dan memberikan hikmah bagi kita semua,” ungkap Kades Cibunarjaya. (*)

Print Friendly, PDF & Email