Era Keterbukaan, Pemdes Pasirdoton Libatkan Semua Elemen dalam Pembangunan

oleh -
Suparman

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Di tengah era keterbukaan, Pemdes Pasirdoton membuka pintu selebar-lebarnya bagi seluruh selemen masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan pembangunan. Di desa yang terletak di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi itu, informasi seputar pembangunan, baik perencanaan, pelaksanaan, maupun monitoring dan evaluasi dibuka seluas-luasnya kepada masyarakat.   

banner 970x90

“Di era keterbukaan seperti sekarang banyak yang harus kami ajak untuk dilibatkan dalam kegiatan pembangunan agar hasilnya secara nyata dirasakan oleh masyarakat,” kata Pjs. Kades Pasirdoton, M. Suparman ketika dihubungi, Senin (15/7/2019).

Pemdes Pasirdoton, ujar Suparman, selalu memperhatikan kerja sama dan kolaborasi pentahelix dalam menjalankan tahapan-tahapan pembangunan. Semua unsur pentahelix yakni akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas, dan media selalu diajak bicara pada setiap tahapan pelaksanaan APBDes. 

“Intinya seluruh lapisan masyarakat harus mengetahui pembangunan yang akan, sedang, dan telah dilaksanakan melalui media sosial, media massa, dan media informasi lainnya,” ujar Suparman.

Sebagai kepala desa, selama ini Suparman menjalankan tugas dan kewajiban dalam pembinaan dan pengawasan. Fungsi ini juga dipenuhi ketika akan menggunakan Dana Desa. Dalam menyusun APBDes, Pemdes Pasirdoton selalu memperhatikan kesepakatan-kesepakatan yang dibuat oleh masyarakat.

“Kami selalu mensosialisasikan Dana Desa  secara terbuka kepada masyarakat terkait penggunaannya. Dengan demikian realisasi penggunaan Dana Desa selalu sejalan dengan  APBDes,” tambahnya. 

Pada tahun 2019 ini, Pemdes Pasirdoton menggunakan Dana Desa untuk  kegiatan fisik, pemberdayaan perangkat desa dan masyarakat, dan berbagai kegiatan di bidang sosial, pendidikan, dan kesehatan. Sebelum kegiatan dilaksanakan, masyarakat sudah mengetahui sebelumnya karena mereka terlibat dalam perencanaan.

“Seharusnya memang seperti itu agar masyarakat bisa bersama-sama mengetahui dan mendukung pembangunan yang akan dilaksanakan di desa. Hal ini  akan menumbuhkan kepercayaan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” ujar dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email