Cicantayan Zona Kuning, Tapi Nol Kasus Covid-19

oleh -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri meresmikan Posko Tangguh Desa Sukadamai, Kecamatan Cicantayan.

Wartawan Nanang Setiana

Kabar gembira terkait perkembangan kasus Covid-19 bagi masyarakat di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi disampaikan Camat Sendi Apriadi. Menurut Camat Cicantayan, wilayah yang dipimpinnya sudah zero kasus Covid-19, tapi masih zona kuning. Artinya masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan agar Kecamatan Cicantayan bisa menyandang status zona biru lalu zona hijau.

banner 970x90

Pernyataan Camat Cicantayan Sendi itu disampaikan pada peresmian Posko Tangguh Desa Sukadamai dan pencanangan gerakan Katangkal (Kampung Sadar Tangguh dan Tangkal) Covid-19 yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, Senin (15/6/2020).

Pada kegiatan yang digelar di Balai Desa Sukadamai itu dilakukan rapid test terhadap 130 warga yang hasilnya negatif. Hasil pemeriksaan inilah yang dijadikan kabar gembira oleh Camat Sendi.

“Setelah diadakan rapid test, tidak ada satu pun yang positif, tentunya ini merupakan kabar baik bagi kita semua,” ujar Sendi.

Dia mengharapkan pandemi Covid-19 segera berakhir agar masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Untuk itu, melalui Posko Tangguh Desa Sukadamai dan Katangkal Covid-19, masyarakat bisa melakukan berbagai upaya dalam mencegah menyebarnya Virus Corona.

Kedua program tersebut bertujuan untuk menyatukan tekad guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Sukadamai termasuk satu dari empat desa yang masuk ke dalam wilayah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Pada pidato saat meresmikan Posko Tangguh Desa Sukadamai dan pencanganan Katangkal Covid-19, Sekda Iyos mengapresiasi kedua inovasi tersebut. Katangkal, kata dia, merupakan inovasi dan terobosan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di tingkat kampung yang pertama di Kabupaten Sukabumi.

“Efektivitas program ini sudah jelas, tadi hasil rapid test negatif semuanya,” ujar Iyos. 

Dia berharap kepada masyarakat dapat meningkatkan upaya menjaga kesehatan dan penerapan protokol kesehatan melalui Katangkal Covid-19. Sekda mengajak masyarakat untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, dan memakan vitamin.

Pada kesempatan itu, Iyos selaku Sekda Kabupaten Sukabumi menyerahkan kunci mobil ambulance kepada Kepala Desa Sukadamai, selaku Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang masuk program karantina dan isolasi, dan selaku Ketua Korpri Kabupaten Sukabumi menyerahkan batuan kepada warga terdampak Covid-19. (*)  

Print Friendly, PDF & Email