Sekda Perintahkan ASN Datangi Toko-toko

oleh -
Para ASN di lingkungan Pemkab Sukabumi seusai mengikuti upacara penglepasan relawan pencegahan penyebaran Covid-19 dari kalangan ASN bertempat di BKPSDM Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Nanang Setiana

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri memerintahkan ASN untuk mendatangi toko-toko di kecamatan yang dikenai status PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Di tempat yang didatangi, para ASN harus mensosialisasikan aturan-aturan PSBB untuk mencegah penyebaran Covid-19.

banner 970x90

Perintah sekda itu disampaikan pada apel penglepasan relawan pencegahan penyebaran Covid-19 dari kalangan ASN bertempat di Kantor BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM) Kabupaten Sukabumi, Jalan Kadupugur, Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kamis (14/5/2020).

Di toko-toko daerah PSBB, lanjut sekda, para ASN mesti mememberi tahu pemilik dan pengunjung untuk menjalankan aturan protokol kesehatan. Mereka diberi tahu tentang kewajiban mengenakan masker dan selalu menjaga jarak ketika sedang berada di dalam toko.

Para ASN itu akan diterjunkan ke kecamatan-kecamatan yang dikenai status PSBB untuk menyampaikan sosialisasi dan kampanye pencegahan penyebaran Covid-19. Materi utama yang akan disosialisasikan mereka menyangkut aturan-aturan dalam PSBB.

“ASN harus mengabdi kepada negeri dan masyarakat. Menangani wabah yang sedang terjadi saat ini merupakan tugas kita bersama, termasuk para ASN,” kata sekda yang juga menjabat Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Sukabumi.

Sekda mengakui, selama 9 hari PSBB yang diberlakukan sejak Rabu (6/5/2020), dia melihat hasilnya belum memuaskan. Masih banyak masyarakat yang belum memahami dan melaksanakan aturan-aturan PSBB. Selama masa PSBB, peran ASN cukup besar dalam mensosialisasikan kebijakan pembatasan sosial tersebut.

“ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi juga telah mengumpulkan uang sumbangan untuk membantu penanganan Covid-19,” kata Iyos.

Sementara itu, seusai memimpin Rapat Forkopimda Kabupaten Sukabumi, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menegaskan, ASN harus terlibat langsung dalam kegiatan melawan Covid-19, baik dalam tugas selaku pegawai maupun sebagai warga masyarakat di lingkungannya masing-masing.

“ASN harus bisa menjadi panutan. Mereka mesti selalu bisa membantu masyarakat, minimal memberikan informasi dan idealnya membantu tetangga yang tidak mampu,” ujar bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email