PDIP dan PPP Sepakati Sirojudin Sebagai Calon Wabup

oleh -
Pertemuan politik antara PDI Perjuangan dan PPP dalam rangka pembicaraan Pilkada 2020 di Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Komunikasi politik antaraPDIPerjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bertemu pada satu nama Sirojudin untuk bersama-sama diusung pada Pilkada 2020. Namun dalam pengusungan itu belum ada kesepakatan hitam di atas putih, Sirojudin baru disepakati sebagai calon wakil bupati (wabup). 

banner 970x90

Kesepakatan sementara itu terjalin pada kunjungan pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi ke Kantor DPC PPP di Jalan Raya Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Jumat (15/5/2020).

Dalam silataruhmi politik itu, dari PDI Perjuangan tampak hadir Ketua DPC Yudi Suryadikrama, S.H. bersama Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Barat, M. Jainudin, S.Ag. beserta jajaran pengurus. Rombongan kader partai dengan lambang banteng bermoncong putih itu disambut langsung oleh Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Yusup ‘Datep’ Ridwan dan rekan-rekan.

“Hari ini kami menerima tamu dari PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi. Pertemuan kami ini dalam rangka komunikasi politik menjelang Pilkada 2020,” kata Datep seusai melakukan pembicaraan dengan para kader PDI Perjuangan.

Sebelumnya, ujar dia, PPP telah melakukan komunikasi politik dengan partai  lainnya. Salah satunya dengan PKB yang telah membentuk Koalisi Hejo Ludeung. PPP dan PKB dalam ikatan koalisi tersebut siap mengusung H. Adjo Sardjono sebagai calon bupati. Sementara untuk calon waklinya, nama yang muncul di PPP antara lain Sirojudin yang saat ini menjabat Ketua KONI Kabupaten Sukabumi.

“Kami juga menjalin komunikasi dengan PAN dan Partai Gerindra. Sekarang, hari ini dengan PDI Perjuangan. Jadi posisi kami sudah lima partai yang menjalin komunikasi politik,” ujarnya.

Kalau ada penilaian bahwa PPP bergabung dengan koalisi gemuk, lanjut Datep, hal itu kemungkinan bisa saja terjadi. Dengan PDI Perjuangan, PPP sudah berada pada satu titik temu dan kesamaan yaitu pada nama calon wabup Sirojudin. Karena PDI Perjuangan juga siap mengusung calon wabup tersebut.

Pernyataan Datep itu dibenarkan oleh Yudi selaku Ketua DPC Perjuangan. Selama ini, nama calon wabup dari PDI Perjuangan telah mengerucut pada dua nama yakni Sirojudin dan Sofyan Effendi yang pernah menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulullah PPP sudah menerima koalisi dengan kita. Calon bupatinya sudah ada yaitu Pak Adjo Sardjono. Kalau kami,  siapa saja yang diterima, kami sepakat. Untuk calon wakil bupati, kita sepakat mengusung nama Sirojudin,” ujar Yudi.

Rencananya, Yudi dan rekan-rekannya juga akan melakukan kunjungan ke PKB. (*)

Print Friendly, PDF & Email