Dukcapil Palabuhanratu Bagikan KTP untuk Siswa SMAN Cisolok

oleh -
Kepala UPTD Dukcapil Wilayah IV Palabuhanratu, Endra Mulyana (tengah bermasker hijau) didampingi Wakasek Bidang Kesiswaan, Rudi Heriyadi bersama 50 siswa SMAN Cisolok penerima KTP.

Wartawan Usep Mulyana (Komasa)

Di tengah pandemi Covid-19, UPTD Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Wilayah IV Palabuhanratu menggelar kegiatan pembagian KTP  elektronik bagi 50 orang pelajar di halaman SMAN Cisolok, Jumat (15/5/2020). Para penerima KTP itu merupakan penduduk yang pertama kalinya memiliki identitas kependudukan tersebut.

banner 970x90

“Pembagian KTP di SMA Negeri Cisolok ini merupakan tahap ketiga. Banyaknya KTP yang dibagikan 50 buah. Sementara tahap I dan II dilakukan sebelum merebaknya Virus Corona yang jumlahnya juga 50 KTP,” kata Kepala UPTD Dukcapil Palabuhanratu, Endra Mulyana ketika ditemui di SMAN Cisolok.  

Pada pembagian KTP itu, semua hadirin, baik Endra dan jajaran serta guru dan siswa SMAN Cisolok menerapkan aturan protokol kesehatan antara lain dengan mengenakan  masker.

Sasaran pada program pembuatan KTP di sekolah adalah pelajar yang telah berumur  17 tahun. Mereka, ujar Endra, membutuhkan KTP untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau untuk melamar pekerjaan.  

“Kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan pencetakan KTP elektronik ini agar siswa kelas XII yang nantinya akan melanjutkan kuliah atau akan melamar pekerjaan tidak perlu mengurus pembuatan KTP setelah lulus,” kata Endra.

Dalam pembuatan KTP untuk pelajar, UPTD Dukcapil Palabuhanratu tetap menerapkan standar administrasi yang ketat dan prosedural. Petugas memeriksa dengan cermat kelengkapan data orang tua sesuai domisilinya melalui kartu keluarga. Setelah itu dilalukan  perekaman iris mata, sidik jari, dan tanda tangan. Setelah itu pemotretan.  Ketika data telah lengkap, petugas UPTD barulah mencetak KTP. 

Proses pencetakan 50 keping KTP tersebut tergolong singkat yakni  hanya dalam tempo satu hari satu malam. “Bagi kami kecepatan dan  kepuasan warga adalah yang paling utama. Kami ikhlas bekerja siang dan malam di tengah pandemi Corona. Inilah salah satu bentuk pengabdian dan ladang ibadah kami di bulan suci Ramadhan,” ungkap Endra.

Pada acara pembagian KTP itu turut hadir Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Rudi Heriyadi. Dalam sambutannya, Rudi mengapresiasi langkah yang diambil oleh UPTD Dukcapil Palabuhanratu yang telah membantu siswanya dalam proses pembuatan KTP.

“Saya atas nama sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada UPTD Dukcapil Palabuhanratu yang telah memfasilitasi  pembuatan kartu identitas penduduk bagi siswa kami yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi atau mungkin untuk melamar pekerjaan,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email