DPU Pastikan Jembatan Cibuni Cidadap Dibangun Tahun Ini

oleh -
Kondisi Jembatan Cibuni yang menghubungkan wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur di kawasan Pajampangan.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi memastikan, Jembatan Cibuni di Kecamatan Cidadap akan dibangun tahun ini dengan dana dari Pemprov Jawa Barat. Kepastian ini memupus keraguan masyarakat yang pesimis jembatan tersebut akan segera dibangun akibat merebaknya wabah Covid-19.

banner 970x90

“Alhamdulillah, akhirnya kita mendapat kepastian Jembatan Cibuni akan segera dibangun. Tidak lama lagi akan dimulai pembangunan konstruksinya,” kata Kepala DPU Kabupaten Sukabumi, Drs. Asep Japar, M.M. kepada wartawan di tengah kesibukan mengikuti rapat dinas di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Jalan Kadupugur, Kecamatan Cicantayan, Jumat (15/5/2020).

Jembatan Cibuni membentang di atas Sungai Cibuni. Infrastruktur perhubungan ini merupakan penghubung antara wilayah Desa Cidadap, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan Desa Sinarbakti, Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur.  

Kondisi Jembatan Cibuni sudah hancur lebur dan  mendekati keruntuhannya. Bagian-bagian rangkanya yang terbuat dari besi telah keropos. Begitu juga bagian bentangan penghubung dan bantalannya telah dipenuhi karat.

Besarnya anggaran yang dikucurkan Gedung Sate Bandung untuk membangun Jembatan Cibuni mencapai Rp33 miliar. Dana sebesar itu akan digunakan untuk membangun konstruksi dan bangunan jembatan dengan panjang 120 meter dan lebar 7 meter.

“Insya Allah, pada bulan Desember nanti atau beberapa hari sebelum tibanya tahun 2021, Jembatan Cibuni selesai dibangun,” tutur Asep.

Jika tidak aral melintang, pada Senin (18/5/2020) nanti akan dilakukan pra contract meeting (PCM) dengan agenda penandatanganan Surat Perintah Kerja (SPK) dengan pemenang lelang. Pada PCM tersebut, pemerintah sebagai pemilik proyek akan menyampaikan aturan-aturan yang harus ditaati kontraktor.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi, Drs. Asep Japar, M.M.

“Di masa pendemi Covid-19 ini, kami berpesan kepada rekanan yang akan mengerjakan pembangunan jembatan tersebut agar menerapkan aturan porotokol kesehatan. Selain itu rekanan harus memperhatikan mutu pekerjaan agar jembatan yang dibangun benar-benar bekualitas dan tahan lama,” ujar Asep.

Tidak lupa, bikrorat kelahiran Garut ini meninta doa dari masyarakat untuk kelancaran pembangunan Jembatan Cibuni. Dia mengharapkan masyarakat di Kecamatan Cidadap dan sekitarnya dapat menikmati jembatan tersebut.

Fungsi Jembatan Cibuni sangat vital bagi warga Cidadap dan Cijati  sebagai menunjang kegiatan warga di bidang sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Dengan kondisi jembatan seperti sekarang, kegiatan dan pergerakan masyarakat menjadi terganggu.

Kendaraan roda empat yang memaksa lewat sering terperosok di tengah jembatan. Untuk mencegah kecelakaan, warga dari dua desa secara sukarela melakukan tambal sulam dengan kayu dan pohon kelapa.

Dengan bentangan pohon kelapa dan kayu, kendaraan roda dua dan roda empat tidak terjebak ke dalam badan jembatan yang berlubang.

Umur jembatan ini termasuk telah renta untuk ukuran infrastruktur di Indonesia. Jembatan Cibuni selesai dibangun pada tahun 1982 yang hampir bersamaan dengan musibah meletusnya Gunung Galunggung. Umurnya telah mencapai 38 tahun. (*)    

Print Friendly, PDF & Email