Jabatan OPD di Kelurahan dan Kecamatan Sudah Terisi 90 Persen

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi menyalami seorang lurah yang baru saja dilantik bersama para pejabat pengawas setingkat eselon IV yang bertugas di kelurahan.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kekosongan jabatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Sukabumi di lingkungan kelurahan dan kecamatan perlahan-lahan mulai diatasi. Sampai sekarang sudah hampir 90 persen jabatan di wilayah sudah memiliki pejabat definitifnya. Dalam waktu dekat, semua jabatan di kelurahan dan kecamatan akan diisi oleh pejabat yang memenuhi syarat jenjang kepangkatan dan pendidikan. 

banner 720x90

Hal itu disampaikan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah 48 pengawas atau pejabat eselon IV yang bertugas di wilayah di Ruang Pertemuan Setda Kota Sukabumi, Senin (15/4/2019). Para pejabat yang menempati jabatan di kelurahan dan kecamatan, kata Fahmi, harus dapat bersinergi dan bekerja sama dengan stafnya sebagai satu tim yang solid.

”Para pejabat yang dilantik hari ini  harus mampu mempertanggungjawabkan upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat. Mereka merupakan tim bersama pejabat-pejabat lainnya,” kata wali kota.

Pemkot Sukabumi akan segera menggenapkan hingga 100 persen agar semua jabatan di wilayah terisi. Hal ini penting dalam rangka menyongsong pencairan Dana Kelurahan (DK). Dalam penggunaan DK,  camat berperan sebagai pengguna anggaran dan lurah sebagai kuasa pengguna anggaran. Karena itu untuk menunjang kinerja penggunaan DK, seluruh posisi di kecamatan dan kelurahan harus ada pejabatnya.

Pada pelantikan itu tampak hadir Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami; Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi, H. Saleh Makbullah; dan para pejabat di lingkup Pemkot Sukabumi. Pejabat yang dilantik antara lain lurah, sekretaris kelurahan, dan para kepala seksi di kelurahan.

Menurut Fahmi, pelantikan pejabat tersebut telah memenuhi prosedur dan mekanisme sebagaimana diatur peraturan perundang-undangan yang berlaku. Proses rotasi, mutasi, dan promosi di lingkungan pemerintahan merupakan hal yang lumrah.

banner 720x90

“Pejabat yang baru dilantik harus segera beradaptasi dengan lingkunganya dan langsung melakukan upaya-upaya untuk mendukung akselerasi percepatan pembangunan. Mereka harus melahirkan inovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada warganya,” ujar Fahmi. (*)

Print Friendly, PDF & Email