Desa Digital Arahkan Masyarakat Lebih Produktif

oleh -
Menteri Kominfo RI, Rudiantara menyalami Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono (tengah) atas peluncuran Program Desa Digital di Kabupaten Sukabumi disaksikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Wartawan M. Ridwan

Program Desa Digital yang menjadi salah satu program prioritas dan unggulan Pemprov Jawa Barat bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penduduk desa supaya lebih berkembang dan produktif. Guna mendukung kelancaran program tersebut, Pemprov Jawa Barat menyediakan sarana internet di desa-desa sebanyak 155 untuk Kabupaten Sukabumi dengan 20 unit berupa internet terintegrasi.

banner 720x90

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil saat menyampaikan sambutan pada peresmian Program Desa Digital oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, Rudiantara di Desa Desa Sirnarasa, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Minggu (15/4/2019).

Teknologi komunikasi dan informatika, ujar gubernur, merupakan salah satu instrumen yang bisa diandalkan untuk menunjang program pembangunan. Sarana ini memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung berbagai aktivitas masyarakat.

Desa Digital, kata dia, merupakan gerbang untuk membuka akses masyarakat untuk kemajuan desa. “Kita membawa internet ke desa-desa untuk kemajuan masyarakat. Kehadiran internet ini merupakan bagian dari visi desa digital, nantinya 1.000 desa di Jabar bisa memiliki akses internet setiap tahunnya,” kata Gubernur Jabar.

Ridwan Kami juga  menyatakan,  Program Desa Digital bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai sarana untuk membangun dan memajukan desa sehingga bisa berkembang, memiliki daya saing, produktif, dan maju.

Launching Desa Digital dilakukan oleh menteri, gubernur, Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi H. Adjo Sardjono, dan pejabat lainnya dengan menyentuh layar monitor besar. Setelah peluncuran tersebut, Program Desa Digital Provinsi Jawa Barat pun resmi beroperasi.

banner 720x90

Sementara itu saat menyampaikan pidato Menteri Rudiantara mengatakan, akses internet pada Desa Digital dapat digunakan oleh masyarakat secara gratis. Tujuan dari program, ujar menteri, adalah untuk  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Program ini dapat membuat pembangunan desa bisa lebih berkembang dengan cepat dan dapat menyesuaikan dengan tuntutan zaman. Melalui Program Desa Digital, masyarakat desa memiliki akses informasi yang luas,” kata Rudiantara.

Di tempat yang sama, Wabup Sukabumi menyatakan, Pemkab Sukabumi memberikan apreasisi yang sangat tinggi terhadap peluncuran desa digital yang disertai wifi gratis. Wabup optimis, program tersebut dapat meningkatkan dan menambah wawasan masyarakat seputar iptek yang pada akhirnya dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

“Wawasan masyarakat dalam dunia iptek lebih terbuka sehingga mereka bisa mengembangkan kemampuan diri agar lebih kompetitif. Ini semua untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar wabup. (*)

Print Friendly, PDF & Email