Atlet AFS Tampil Gemilang pada Turnamen Futsal Tingkat Nasional

oleh -
Para atlet muda dari Akademi Futsal Sukabumi (AFS) di kampusnya yang terletak di Jalan Kokom Komariah, Ciaul, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Mereka meraih prestasi gemilang pada turnamen tingkat nasional tahun 2019.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Para atlet muda dari AFS (Akademi Futsal Sukabumi) menunjukkan prestasi gemilang pada turnamen futsal tingkat nasional yang digelar AAFI (Asosiasi Akademi Futsal Indonesia). Pada turnamen itu, para siswa AFS berhasil menempati puncak klasemen sementara untuk kelompok U13 dan tempat kedua pada kelompok U16.

banner 970x90

“Alhamdulillah sebagai tuan rumah anak didik kami berhasil membuktikan prestasinya pada turnamen nasional tahun ini,” kata Kepala Kepala AFS,  Muhamad Sofyan ketika dihubungi lewat telepon selulernya, Senin (15/4/2019). 

Turnamen, ujar Sofyan, diikuti 17 sekolah futsal dari berbagai daerah dengan dua kelompok peserta U13 (6 sekolah) dan U16 (11 sekolah). Pertandingannya menggunakan sistem setengah kompetisi. Turnamen AAFI ini akan berlangsung selama enam bulan ke depan karena menggunakan sistem bertemu antar tim sekolah.

“Melalui turnamen ini, sekolah futsal dapat mengembangkan dan menggali atlet-atlet muda untuk dibina agar menjadi atlet yang dapat membanggakan daerahnya,” ujar Sofyan.

Pada turnamen itu, ukuran lapang yang digunakan mengikuti standar nasional. Dari hasil pertandingan, untuk kelompok U12 akan ditentukan juara I, sedangkan untuk U16 akan digelar babak play off.  Pada babak ini, juara Kota dan Kabupaten Sukabumi akan dihadapkan dengan tim dari Cianjur untuk menentukan juara I dan juara II. Nantinya juara II akan maju ke Jakarta.

“Diharapkan turnamen ini akan melahirkan cikal bakal pemain nasional yang akan tampil di Liga Indonesia,” ujar Kepala AFS yang akrab dipanggil Asep Gajah ini.

Pertandingan tersebut sudah berjalan sejak bulan Februari lalu dan akan melewati dua putaran.  Putaran pertama sebentar lagi akan berakhir dan akan lanjut pada putaran kedua. Namun kemungkinan akan terpotong libur bulan Puasa dan Lebaran.

“Untuk hadiahnya tidak dalam bentuk uang, akan tetapi berbentuk seragam futsal,” ujar dia. (*) 

Print Friendly, PDF & Email