Rombongan Stuba DPRD Tangsel Belajar Dana Kelurahan ke Sukabumi

oleh -
Plt. Sekda Kota Sukabumi, Saleh Makbullah (tengah) menerima rombongan studi banding dari DPRD Kota Tangerang Selatan yang menggali informasi seputar persiapan penyaluran Dana Kelurahan.

Wartawan YUS F PURWASARI (PWI)

Kota Sukabumi menjadi salah satu lokasi studi banding (stuba) rombongan DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (15/3/2019). Kunjungan tersebut rangka menggali informasi seputar persiapan penyaluran Dana Kelurahan (DK) yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

Rombongan stuba dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Tangsel,  Amar, S.E. Mereka disambut dan diterima oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Sukabumi,  Drs. Saleh Makbullah, M.Si. di Balai Kota Sukabumi. Pada kesempatan itu Saleh memberikan gambaran mengenai persiapan penyaluran DK di Kota Sukabumi.

“Persiapan yang sudah dilaksanakan Kota Sukabumi antara lain menunjuk bendahara pembantu di tingkat kantor kelurahan. Dalam hal ini juga termasuk membuat aturan pelimpahan kewenangan dari wali kota kepada para camat guna meminimalisir tumpang tindih kewenangan dengan dinas atau instansi lain. Kami juga mensosialisasikan petunjuk pelaksanaan teknis di lapangan,” jelas Saleh kepada para tamunya dari Kota Tangsel.

Diharapkannya, sejumlah persiapan tersebut bisa mendukung pelaksanaan program DK. Sehingga kegiatan yang dibiayai DK bisa tepat sasaran dan pelaksanaannya mengacu pada ketentuan yang berlaku.

Pimpinan stuba, Amar mengatakan, selama berdiskusi bersama Pemkot Sukabumi,  pihaknya mendapatkan ilmu dan wawasan yang banyak dan memadai mengenai persiapan penyaluran DK. Dia merasa puas memperoleh informasi tentang DK yang baru pertama digulirkan pada 2019. 

“Penyaluran Dana Kelurahan memerlukan diskusi dengan daerah lain salah satunya Kota Sukabumi. Kami harus mengetahui teknis penerapan petunjuk pelaksanaan atau juklak dan petunjuk teknis atau juknis dari Kementerian Dalam Negeri,” ujar Amar.

Pelaksanaan penyaluran DK, tambahnya, harus mengacu pada tata kelola keuangan yang baik dan bersih. Kota Tangsel, kata Amar, diharapkan bisa mengikuti langkah yang diambil Kota Sukabumi dalam persiapan penyaluran DK. Menurutnya, persiapan yang dilakukan Kota Sukabumi sangat baik dan jempolan. (*)

Print Friendly, PDF & Email