Motoris PNG Menjajal Jalur Geopark

oleh -
Rombongan pemotor dari Perumahan Nirwana Graha Kota Sukabumi melepas gas sejenak di sekitar Vihara Dewi Kwan Im di Simpenan Kabupaten Sukabumi dalam perjalanan menuju jantung Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Para pemotor dari kalangan warga Perumahan Nirwana Graha (PNG) di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar touring singkat untuk menjajal jalur Geopark Ciletuh  Palabuhanratu. Rombongan warga PNG itu berangkat dari tempat tinggal mereka pada Sabtu (15/2/2020) dan kembali Minggu (16/2/2020).

banner 720x90

Perjalanan rombongan motor yang sebagian berupa motor bebek dan matik itu mengambil rute Jalan Pelabuan II, Cikembar, Warungkiara, Bantargadung, Bagbagan, kemudian belok ke Simpenan lewat Pantai Loji. Selepas Jembatan Bagbagan yang legendaris itu, mereka bisa menikmati pemandangan alam yang mewakili keindahan geopark.  

“Hari ini kami touring menuju kawasan geopark yang telah direncanakan seminggu yang lalu oleh warga perumahan kami,” kata Sumarno ketika ditemui di lokasi Vihara Dewi Kwan Im desa Kerjaya, Kecamatan Simpenan.

Jumlah peserta touring motor itu mencapai sekitar 25 orang. Mereka mendatangi tempat-tempat destinasi wisata terkenal pedalaman Pajampangan yang tercakup dalam areal luas Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Di sepanjang perjalanan, para peserta disuguhi pemandangan gurilaps (gunung rimba laut pantai dan sungai) khas geopark. Setiap titik memiliki pemandangan khas yang menggambarkan kekayaan alam bumi Sukabumi. Rombongan sering berhenti untuk mengambil gambar dengan latar pemandangan  laut atau pebukitan.

Tempat-tempat yang didatagi antara lain Puncak Darma, Pantai Palangpang di Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas, Pantai Panenjoan, dan Curug Marinjung di Desa Ciemas. Sebagian warga PNG mengikuti touring bersama iring-iringan sepeda motor dengan menggunakan mobil.

Jalur Simpenan menuju Ciemas tidak lurus, di beberapa titik terdapat tanjakan, turunan, dan belokan. Namun sekalipun harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, seperti dikatakan Sumarno, mereka sangat menikmati perjalanan wisata tersebut.

 “Sebagai warga Sukabumi, saya bangga memiliki daerah dengan alam yang keindahannya seperti tergambar pada lukisan-lukisan natural. Sangat mengagumkan,” tutur Sumarno. (*)

Print Friendly, PDF & Email