Paskibra SMPN 15 Menjadi Jawara Nasional

oleh -
Tim Paskibra SMPN 15 Kota Sukabumi yang sukses menorehkan prestasi sebagai juara Paskibra Satria Jaya Sakti (Sajati) tingkat nasional.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) SMPN 15 Kota Sukabumi berhasil mengukuhkan diri sebagai juara nasional pada lomba tingkat nasional di SMAN 2 Cianjur pada awal bulan November lalu. Pada kejuaraan itu, SMPN 15 Kota Sukabumi tampil sebagai wakil Provinsi Jawa Barat dan bisa membawa pulang piala sebagai juara Paskibra Satria Jaya Sakti (Sajati) tingkat nasional.

“Prestasi yang diraih para siswa kami yang tergabung di dalam Paskibra merupakan buah dari ketekunan dalam latihan. Mereka mengikuti latihan seminggu dua kali. Alhamdulillah, tim Paskibra sekolah kami bisa meraih prestasi di tingkat nasional,” kata salah seorang guru  Juwita Mulyasari ketika ditemui di SMPN 15 Kota Sukabumi, Jalan Ciaul Pasir Nomor 22, Kamis (14/11/2019).

Dari kejuaraan nasional tersebut, Paskibra SMPN 15 Kota Sukabumi berhasil membawa pulang trofi dari Gubernur Jabar, Kapolda Jabar, Danyonif Raider 300/BJW, dan SMAN 2 Cianjur. Anggota Paskibra SMPN 15 berasal dari siswa kelas VII, VIII, dan IX.

“Selain menjadi juara umum, tim Paskibra dari sekolah kami juga meraih berbagai predikat juara seperti juara I utama, juara II madya, juara II danton terbaik, juara I best administrasi, juara pelatih terbaik, dan juara I PBB murni terbaik,” jelas Juwita. 

Sebelumnya, mereka menjadi juara umum The Fluter Games 2019. Sehari-hari, Paskibra SMPN 15 mendapat gemblengan mental dan fisik dari pelatih senior Mia Siti Maryam dan Adam Mandela.

Juwita sendiri merupakan mantan anggota Paskibra pada waktu masih menuntut ilmu di SMP dan SMA. Karena itu dia aktif memberikan masukan dan selalu berbagi pengalaman kepada anggota Paskibra SMPN 15 yang berkiprah di zaman milenial ini.

“Di lingkungan Paskibra terdapat nilia-nilai dan tradisi yang harus dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain kedisiplinan, spritual, dan jiwa kepemimpinan. Dari Paskibra para siswa akan mendapat pelajaran tentang sikap berpikir positif dan saling menghormati dengan sesama teman,” ucap Juwita. (*)

Print Friendly, PDF & Email