Perumda Air Minum Proyeksikan Debit 100 Liter Perdetik

oleh -
H. Budiarkah, Dirum Perumda AM TJM Kabupaten Sukabumi.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jaya Mandiri (Perumda AM TJM) Kabupaten Sukabumi memproyeksikan tersedianya debit air bersih sebanyak 100 liter perdetik untuk melayani wilayah Cibadak dan Parungkuda. Dengan debit sebesar itu, Perumda AM TJM dapat memenuhi permintaan dan kebutuhan air bersih dari pelanggan di kedua kawasan tersebut.

banner 970x90

“Kami telah membuat perencanaan untuk meningkatkan kapasitas layanan di Cibadak dan Parungkuda dengan penambahan debit air. Dari waktu ke waktu permintaan akan air bersih di kedua wilayah itu terus meningkat,” kata Direktur Umum (Dirum) Perumda AM TJM, H. Budiarkah di kantornya Jalan Cireundeu, Desa Ciheulang Tongoh, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Senin (14/10/19).

Rencana penambahan debit air bersih, ujar Budiarkah, sudah dirancang sejak lama. Selanjutnya pengembangan sarana dan prasarananya dilaksanakan tahun 2020 dengan membangun WTP (Water Treatment Plant) atai IPA (Instalasi Pengolahan Air) untuk menyalurkan air bersih ke dua wilayah kecamatan yang terletak di utara Kabupaten Sukabumi tersebut.

“Insya Allah tahun depan kami akan membangun WTP untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Untuk melaksanakan rencana ini, kami telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat,” tuturnya.

Pembanguna WTP tersebut akan didanai oleh pemerintah pusat melalui APBN. Sebelum pembangunan dimulai, pihak Perumda AM TJM akan memfasilitasi  pembebasan lahan dan penyiapan mata air baru. Setelah penambahan debit, BUMD milik Pemkab Sukabumi itu akan menambah sambungan langganan (SL) melalui program reguler maupun program untuk MBR (masyarakat berpenghasilan rendah).

“WTP yang bisa mendongkrak debit air hingga 100 liter perdetik di Parungkuda dan Cibadak mulai digunakan pada 2021. Tahun depan proses pembangunannya dimulai hingga selesai,” ujar Budiarkah.  

Harapannya, pengucuran bantuan dari pemerintah pusat untuk pembangunan WTP dan sarana penunjangnya tidak mengalami hambatan agar rencana yang diproyeksikan untuk penambahan debit air bersih bisa terealisasi. (*)

Print Friendly, PDF & Email