SDN 2 Gunungbatu Targetkan Jadi Juara Kasidah dan Catur

oleh -
Para guru SDN 2 Gunungbatu memperlihatkan piala yang diraih para siswa dari cabang kasidah dan catur.

Wartawan Dicky Sopyan

Tidak pernah tanggung-tanggung dalam mantargetkan pencapaian prestasi, baik kurikuler maupun ekstrakurikuler. Karena yakin dengan prestasi dan potensi para siswanya, SDN 2 Gunungbatu 2 mencanangkan target menjadi juara cabang seni kasidah dan cabang olahraga catur. Sementara ini target tersebut diberlakukan untuk tingkat kecamatan dan selanjutnya tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. 

banner 970x90

“Dalam menetapkan target ini kami berpatokan pada faktor objektif di sekolah kami yang pernah meraih piala juara pada cabang kasidah dan catur. Permainan kasidah para siswa kami memiliki daya tarik khusus dan memendam potensi besar untuk dapat dikembangkan,” kata Kepala SDN 2 Gunungbatu, Sarod Samalludin, S.Pd. ketika dihubungi wartawan, Sabtu (14/9/2019).

Tahun lalu, sekolah yang terletak di Jalan Batugares Desa Ciracap, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi itu meraih piala juara II cabang kasidah pada Pentas PAI tingkat Gugus 04 Kecamatan Ciracap dan juara III lomba catur. Meskipun meraih juara II dan III, para guru dan orang tua merasa bahagia.  

“Penampilan anak-anak pada dua kejuaraan itu sudah cukup maksimal dan mampu menunjukkan kerja sama yang solid. Berbekal prestasi tersebut, kami yakin para siswa di sekolah kami dapat menjadi juara pertama pada kedua cabang tersebut. Mudah-mudahan di tahun yang akan datang, kami  bisa mewakili Kecamatan Ciracap di tingkat Kabupaten Sukabumi,” tutur Sarod.

Selain memupuk bakat dan mengembangkan potensi para siswa, SDN 2 Gunungbatu juga menerapkan pola pembinaan terhadap anak didiknya agar memiliki akhlak mulia, percaya diri, disiplin, kreatif, kritis, mampu berkomunikasi secara lisan maupun tulisan, serta memahami dasar-dasar teknologi. 

Satu ruang kelas baru di SDN 2 Gunungbatu yang dibangun dengan biaya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019 pembangunannya hampir selesai.

Belum lama ini, SDN 2 Gunungbatu mendapat bantuan dana untuk membangun satu ruang kelas baru (RKB) dari DAK (Dana Alokasi Khusus) tahun 2019. Proses pembangunan RKB tersebut sudah hampir 100 persen. Pengerjaannya  dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk sekolah dengan melibatkan komite dan para orang tua.  

SDN 2 Gunungbatu memiliki jumlah 76 orang siswa dengan guru 7 orang. Dari 7 guru tersebut, 2 PNS dan 5 honorer.  Nama-nama guru tersebut terdiri dari Tata Sucitra, S.Pd., Tety Nurleli, S.Pd.SD, Titi Kartika, Enjang, Ai Yuliati, dan Yangyang A, S.Pd.SD, dan Sarod yang merangkap sebagai kepala sekolah. (*)

Print Friendly, PDF & Email