Bupati Ajak Kades Konsolidasikan Pengembangan Geopark

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan pandangan dan arah kebijakan pemda pada pembukaan sosialisasi pengembangan kawasan geopark yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami mengajak para kepala desa (kades) untuk melakukan konsolidasi dalam program pengembangan dan pembangunan kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Dengan konsolidasi tersebut, pengembangan geopark sebagai warisan dunia yang harus dipelihara dan digali potensinya diarahkan agar mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

banner 970x90

Ajakan bupati itu disampaikan pada acara sosialisai pengembangan UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Jawa Barat bertempat di Hotel Inna Samudra Beach Hotel Palabuhanratu, Jumat (14/9/2019). Pengembangan kawasan geopark, kata Marwan, harus melibatkan para kades sebagai unsur pemerintahan yang paling dekat dengan masyarakat.

“Semua aparat pemda, terutama yang tupoksinya berkaitan dengan pengembangan dan promosi pariwisata bersama para kades harus ikut terlibat dalam pembangunan dan pemeliharaan geopark. Mereka juga mesti segera  melakukan konsolidasi dengan masyarakat agar pengembangan geopark dapat diketahui oleh publik dan dilaksanakan secara bersama-sama,” ujar bupati.

Konsep pengembangan geopark, lanjut bupati, berpedoman pada upaya memuliakan alam untuk mensejahterakan masyarakat. Berdasarkan konsep ini, masyarakat harus ikut di dalamnya sebagai pelaku langsung, sedangkan kewajiban pemerintah memfasilitasi pembangunan infrastruktur dan penyelenggaraan event-event yang dapat mengundang kehadiran wisatawan.

“Terkait pengembangan geopark, pemerintah akan terus membangun infrastruktur penunjang sebagai bagian dari pengembangan geopark. Kami juga akan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dapat menjadi pusat perhatian para wisatawan domestik maupun mancanegara,” ujar bupati.

Sosialisasi pengembangan geopark dihadiri Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri, para kepala perangkat daerah, serta para camat dan kades yang wilayahnya masuk dalam kawasan UGGCP. Tampak hadir pula kalangan penggiat pariwisata. Pemprov Jabar diwakili Kepala Bidang Destinasi Pariwisata pada Disparbud Provinsi Jabar, H. Iwan Priatna. (*)

Print Friendly, PDF & Email