Bupati Perkenalkan Aplikasi Bimasakti

oleh -
Kegiatan ekspos dan konsultasi Aplikasi Bimasakti dihadiri Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, Plt. Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, H. Achmad Riyadi, dan para kepala perangkat daerah serta pejabat struktural lainnya.

Wartawan Usep Mulyana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami memperkenalkan aplikasi layanan informasi publik satu pintu Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi (Bimasakti)  kepada para kepala perangkat dan jajaran di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/8/2019). Aplikasi Bimasakti diinisiasi oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

“Sistem layanan informasi publik satu pintu saat ini menjadi sangat urgen karena memberikan kemudahan yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Aplikasi ini dapat menjawab keluhan dan aspirasi masyarakat,” kata bupati.

Aplikasi Bimasakti, lanjut Marwan, sesuai dengan  tuntuan zaman, apalagi ke depan Kabupaten Sukabumi akan mengimplementasikan secara penuh konsep smart city yang serba digital. Dia pun mempersilakan aparatur pemda dan masyarakat untuk memanfaatkan Aplikasi Bimasakti untuk mengakses berbagai informasi aktual dan terintegrasi.  

Sementara Plt. Kepala Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, H. Achmad Riyadi menjelaskan, Aplikasi Bimasakti  merupakan aktualisasi dari konsep smart city yang sudah dijalankan sejak tahun lalu. 

Pada kesempatan itu dilakukan ekspos Bimasakti oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdi Somantri. Bimasakti, ujar dia, merupakan sistem hibrid yang menggabungkan berbagai sumber data yang terintegrasi.

“Aplikasi ini bersfiat user friendly atau mudah diakses oleh masyarakat.  Melalui aplikasi ini,  user dapat memenuhi keinginan dan harapan dalam memperoleh informasi yang terintegrasi tentang Kabupaten Sukabumi,” ujar Herdi.

Ke depan, kata dia,  dengan memanfaatkan Aplikasi Bimasakti, perangkat daerah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan mudah, murah, dan cepat. Pelayanan diberikan lewat telepon genggam dengan cara yang sangat simpel dan efisien.

Menanggapi ekspos Bimasakti, Bupati Marwan mengatakan, sistem layanan publik ini patut dukung oleh semua pihak termasuk perangkat daerah dalam rangka mewujudkan Sukabumi lebih baik.

“Mudah-mudahan aplikasi ini mendukung keterbukaan dalam menjawab kebutuhan masyarakat atas informasi, terutama layanan informasi yang sering diakses oleh masyarakat seperti layanan kesehatan dan pekerjaan umum. Tidak menutup  kemungkinan ke depan juga termasuk layanan kebutuhan sehari-hari,” kata bupati. 

Hadir pada kesempatan tersebut antara lain Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala BKPSDM, Kepala DPMD, Kasat Pol PP, Direktur RSUD Sekarwangi, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Sekretaris Bappeda, Kabag HPA, dan Kabag KPI. (*)

Print Friendly, PDF & Email