Bupati Ikut Merobohkan Rumah Milik Warga Jompo di Jampangtengah

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami ikut merobohkan rumah milik warga jompo yang akan dibangun oleh komunitas motor trail.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi mengambil hikmah penting pada kegiatan petualangannya bersama komunitas sepeda motor trail ke wilayah Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, Ahad (14/6/2020). Pada acara itu, dia ikut merobohkan dan mengawali pembangunan kembali dua rumah milik warga kurang mampu dari kalangan lansia di Kecamatan Jampangtengah.

banner 970x90

Marwan pun memuji kegiatan amal dan sosial yang diinisiasi dan difasilitasi oleh beberapa komunitas motor trail seperti Komunitas TOM’S, Pandawa Lima, Raisa 234, dan D1KCG itu. Berkat kebaikan hati para pengurus dan anggot komunitas trail, pembangunan dua rumah warga lansia dapat dilaksanakan.

“Sudah sebaiknya mereka yang memiliki harta lebih bisa berbagi dengan sesama untuk kegiatan sosial seperti membangun dua ini rumah,” kata bupati di lokasi pembangunan rumah tidak layak huni milik lansia di Jampangtengah.  

Warga yang mendapat rezeki nomplok yang rumahnya dibangun tersebut sebanyak dua orang yaitu Ema Inah, seorang tuna netra yang tinggal di Kampung Lamping RT 02 RW 09 Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah dan Ema Iis (69) yang tinggal di Kampung Bantarsari RT 03 RW 04 Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampangtengah.

Ema Inah hidup merana dan tinggal sebatang kara di rumahnya. Dia mengandalkan bantuan tetangga dan para kerabat untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sementara Ema Iis tinggal bersama suami yang sudah tidak berdaya karena sakit. Untuk mempertahankan hidupnya Ema Iis bekerja serabutan. 

“Kedua warga ini menempati rumah tidak layak huni,” jelas bupati.

Marwan datang ke lokasi bersama Komandan Yonif 310/Kidang Kancana Letkol Inf Andik Siswanto dan Komandan Yon Armed 13/Nanggala Mayor Arm Micha Arruan, S.E. M.M. Ketiganya ikut mengunjungi dan merubuhkan rumah Ma Inah dan Ma Iis.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan komunitas trail ini dan mengharapkan aksi tersebut bisa menjadi contoh bagi komunitas lain,” tutur bupati.

Pada bagian lain, bupati menyampaikan, dalam satu tahun jumlah RTLH yang dibangun di Kabupaten Sukabumi dengan  intervensi Pemkab Sukabumi mencapai antara 7.000-10.000 unit. 

“Data awal jumlah RTLH di Kabupaten Sukabumi sekitar 34 ribu unit. Seharusnya jika diakumulasikan dengan rata-rata 10 ribu unit pertahun dalam waktu 4 tahun sudah beres semuanya. Namun karena jumlahnya terus bertambah, pembangunan RTLH belum bisa diselesaikan semuanya,” tutur Marwan.

Sebaiknya pemerintah desa mengalokasikan dana dari ADD untuk renovasi RTLH. Target minimal, ujar bupati, dalam satu tahun, desa bisa membangun 5 unit RTLH.

Sementara itu koordinator bedah rumah, Fadilan mengatakan, kegiatan yang dilakukannya merupakan bukti bahwa komunitas trail peduli terhadap keadaan masyarakat. Fadilan bersyukur, aksi sosial bersama rekan-rekannya di komunitas trail mendapat dukungan dari bupati dan para komandan batalyon. (*)   

Print Friendly, PDF & Email