Kadis Perkim Pimpin Bersih-bersih Pantai di Citepus

oleh -
Gerakan aksi bersih-bersih pantai oleh pimpinan, staf, dan pegawai Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi di sekitar Pantai Citepus, Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Kadis Perkim) Kabupaten Sukabumi,  Dedi Chardiman memimpin aksi cinta lingkungan berupa bersih-bersih pantai di Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekitar Citepus, Palabuhanratu, Jumat (14/6/2019). Dalam aksinya itu, Dedi bersama para pejabat Dinas Perkim memunguti sampai dari pinggir pantai untuk dibuang ke tempat penampungan sampah.

banner 970x90

“Karena habis liburan panjang, sampahnya lumayan banyak. Kami akan memfokuskan kegiatan di sekitar kawasan Citepus,” kata Dedi ditemui di tengah kesibukan pemungutan sampah.

Pada kegiatan itu, ujar Dedi, dirinya menerjunkan semua pegawai mulai sekretaris, para kepala bidang, para kepala seksi, staf, dan pegawai.  Mereka terjun ke pantai sambil membawa kantung plastik untuk menampung sampah. Dari kantung yang dibawa peserta aksi bersih-bersih pantai, sampah dibawa ke tempat penampungan untuk diangkut petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin memotivasi para pedagang dan penunjung untuk senantiasa menjaga kebersihan di sekitar kawasan objek wisata,” tutur Dedi.

Apalagi, lanjut Dedi, di kawasan Pantai Citepus sudah dibangun  RTH yang dilengkapi berbagai fasilitas untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Sudah semestinya, lingkungan RTH dan sekelilingnya harus dijaga kebersihan dan keindahannya.

Sementara di tempat terpisah, pemilik Hotel Augusta yang juga Dewan Pakar DPD PHRI Provinsi Jabar, H. Dadang Hendar menyatakan, pemda harus memberikan penyuluhan kepada masyarakat wisata untuk mengubah pola pikir mengenai penanganan sampah. Semestinya, sampah itu diukumpulkan secara rutin lalu dibakar.

“Sekarang banyak sampah bertumpuk dan berceceran karena telat diangkut. Kalau langsung dibakar, sampah-sampah tersebut tidak akan terlalu mengganggu dan mengotori lingkungan pantai,” ujar dia.

Dadang sendiri bersama Bareta (Barisan Evakuasi Tanggap Bencana) dan Balawista menggelar bersih-bersih pantai di sekitar Masjid Istiqomah Citepus. Melihat tumpukan sampah yang menganggu keindahan, Dadang mengimbau para pedagang untuk membuang sampah pada tempatnya agar ditiru oleh para pengunjung. (*)

Print Friendly, PDF & Email