Penyaluran BLT Desa Cikujang Menunggu DD Cair

oleh -
Kepala Desa Cikujang, Heni Mulyani.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Persiapan dan kesiapan Desa Cikujang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi untuk menyalurkan BLT dari Dana Desa (DD) sudah final 100 persen. Pemdes Cikujang sudah mempunyai data calon penerima yang lengkap disertai rincian nama dan alamat faktual yamg diususun berdasarkan kesepakatan pada Musyawarah Desa Khusus (Muskdesus).

banner 970x90

“Saat ini kami tinggal menunggu pencairan Dana Desa tahap pertama tahun 2020. Begitu Dana Desa cair, kami langsung menyalurkan bantuan untuk warga terdampak Covid-19,” kata Kepala Desa Cikujang, Heni Mulyani ketika ditemui di kantornya, Kamis (14/5/2020).

Jumlah penerima BLT di Cikujang seluruhnya mencapai 150 orang. Kalau displit, jumlah penerima tiap RT antara 2 hingga 4 orang. Prinsipnya, ujar Heni, program BLT di Desa Cikujang tidak ada masalah. Perangkat desa setempat juga telah melakukan sosialisasi ke masyarakat agar dalam penyalurannya nanti tidak menimbulkan permasalahan.

Total dana untuk BLT yang diambil dari DD mencapai Rp270 juta untuk tiga bulan. Tiap keluarga penerima manfaat mendapatkan Rp600 ribu perbulan yang disalurkan selama 3 bulan.

“Para penerima BLT dari desa tidak terdaftar sebagai penerima PKH, BPNT, atau Banprov. Pendataannya melalui Pak RT. Skala prioritasnya para jompo. Insya Allah penyaluran BLT desa ini akan dituntaskan sebalum Idul Fitri,” tutur Heni. (*)

Print Friendly, PDF & Email