Gugus Tugas Covid-19 Palabuhanratu Gelar Pemeriksaan di Pasar

oleh -
Gugus Tugas Covid-19 Palabuhanratu yang didukung Muspika Palabuhanratu dan berbagai elemen masyarakat seperti Gerakan Pramuka menggelar operasi penegakan protokol kesehatan di kawasan pasar.

Wartawan M. Ridwan

Gugus Tugas Covid-19 Palabuhanratu menggelar pemeriksaan terhadap pengunjung dan pedagang di kawasan pasar, Kamis (14/5/2020). Dalam pemeriksaan itu, tim gugus tugas melakukan pengukuran suhu tubuh pengunjung dan secara uji petik melaksanakan rapid test kepada pengunjung yang terpilih dan bersedia untuk dites.

banner 970x90

Dalam waktu bersamaan, tim menyampaikan sosialisasi dan imbauan terkait upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Melalui mobil keliling, gugus tugas tanpa henti menyampaikan imbauan kepada masyaralat untuk mengenakan masker, sering-sering mencuci tangan pakai sabun, dan selalu menjaga jarak ketika berada di tengah orang banyak.  

“Di Pasar Palabuhanratu, kami juga membagikan masker kepada pengunjung yang tidak mengenakan alat pelindung diri tersebut. Upaya yang kami lakukan ini tiada lain untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona,” kata Camat Ahmad Samsul Bahri ketika ditemui di Pasar Palabuhanratu.

Gugus Tuga Covid-19 Palabuhanratu, lanjut Samsul, akan terus memberikan pemahaman terkait protokol kesehatan terkait pencegahan Covid-19. Karena itu jajarannya membagikan ribuan masker kepada masyarakat agar semua orang yang beraktivitas di luar rumah dapat mengenakannya.

“Apalagi wilayah Kecamatan Palabuhanratu masuk ke dalam wilayah PSBB di Kabupaten Sukabumi. Jadi semua orang yang berada di luar rumah wajib mengenakan masker,” jelas camat.

Pada bagian lain Camat Samsul menyesalkan masih adanya warga yang tidak mengenakan masker. Ke depan, kata dia, gugus tugas akan memberlakukan sanksi push-up bagi warga yang terus-menerus tidak memakai masker setiap kali terjaring pemeriksaan. Gugus tugas akan mendata warga yang sering melanggar potokol kesehatan.

Pemantauan wartawan di lapangan, selama 9 hari pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Palabuhanratu tidak ada perubahan signifikans di tengah masyarakat dalam hal ketaatan terhadap aturan protokol kesehatan. Masih banyak warga yang bertelanjang mulut dan hidung alias tidak mengenakan masker dan berkerumun di tengah orang banyak tanpa menjaga jarak.

Beberapa pengendara sepeda motor mengenakan masker ketika terjaring pemeriksaan gugus tugas. Namun setelah jauh dari tim pemeriksa, dia membuka maskernya. (*)

Print Friendly, PDF & Email