Masyarakat Sukabumi Jangan Menjadi Penonton Pemanfaatan Alam

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami berdialog dengan para peserta UNBK Paket C di SMKN 1 Cibadak.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Masyarakat Kabupaten Sukabumi jangan hanya menjadi penonton dalam memanfaatkan serta menggali peluang dan kekayaan alam yang sangat berlimpah. Masyarakat Sukabumi harus menjadi pelaku utama dalam memanfaatkan potensi alam.

banner 720x90

Demikian disampaikan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat berkunjung ke SMAN 1 Cibadak dalam rangka pemantauan kegiatan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) Paket C, Sabtu (13/4/2019). Kekayaan alam Sukabumi, kata bupati, sangat  melimpah dan diyakininya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Allah menganugerahkan kekayaan alam yang sangat melimpah kepada kita. Namun ketika masyarakat kita tidak bisa mengeskplor dan memanfaatkan potensi tersebut, maka kita tidak akan bisa menghadapi persaingan global,” ujar bupati. 

Ke depan, lanjut dia, seluruh lapisan  masyarakat di Kabupaten Sukabumi harus bisa mengisi dan memanfaatkan peluang untuk menjadikan Sukabumi lebih baik dengan visi kereligiusan dan kemandirian. 

Kepada para peserta UNBK Paket C, bupati  menyampaikan bahwa ujian yang mereka ikuti bertujuan untuk menguatkan dan menyetarakan sumber daya manusia di Kabupaten Sukabumi sehingga diharapkan mampu menjawab tantangan zaman.

Dari SMKN 1 Cibadak, Marwan berkunjung Yayasan Ali Fahrudi, SMP Islam Nurul Fikri, dan SMAN 1 Nagrak. Saat bupati datang, di SMAN 1 Nagrak sedang diselenggarakan pentas seni siswa my expression my performance. Kepala daerah membagikan hadiah kepada para siswa yang bisa menjawab pertanyaan, termasuk kepada Ketua Panitia Pentas Seni SMAN 1 Nagrak, Hopi Lutfiani.

banner 720x90

“Selaku panitia penyelenggara, kami merasa bangga kedatangan Bapak Bupati Sukabumi. Kami tidak menyangka beliau datang ke sekolah kami. Saya sendiri mendapat hadiah karena bisa menjawab pertanyaan dari Pak Bupati,” ujar Hopi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Solihin menjelaskan, UNBK Paket C  digelar secara serentak dari Rabu (12/4/2019) sampai dengan Senin (15/4/2019). Seluruhnya di Kabupaten Sukabumi terdapat 33 tempat pelaksanaan UNBK tersebut dengan jumlah peserta mencapai 2.372 orang. (*)

Print Friendly, PDF & Email