Pemkab Lambar: Kabupaten Sukabumi Sukses Membina UMKM

oleh -
Rombongan kunjungan kerja dari Pemkab Lampung Barat berkunjung ke Kabupaten Sukabumi untuk menyerap informasi seputar pengelolaan dan pembinaan UMKM yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Pemkab Lambar (Lampung Barat), Provinsi Lampung menilai, Kabupaten Sukabumi berhasil membina dan mengembangkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Karena itu, sudah sewajarnya Pemkab Lambar melakukan kunjungan kerja (kunker) untuk mencari rujukan dan formula dalam pengelolaan UMKM ke Kabupaten Sukabumi.

Hal itu disampaikan Pimpinan Kunker Pemkab Lambar, Alexander Saputra ketika diterima Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi, H. Ardiana Trisnawiana di Pendopo Sukabumi, Kamis (14/3/2019). Berdasarkan analisis yang dilakukan Pemkab Lambar, kata Alexander, Kabupaten Sukabumi merupakan tujuan kunker yang cocok terkait pengelolaan dan pembinaan UMKM. 

“Kami memutuskan berdasarkan analisis yang kami lakukan untuk mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi dalam rangka mencari informasi seputar pengelolaan dan pembinaan UMKM,” ujar Alexander.

Dikatakannya, Kabupaten Lambar memiliki potensi yang besar untuk pengembangan UMKM yang salah satunya bisa dihimpun dari petani kopi. Dalam satu tahun, petani kopi di Lambar bisa menghasilkan 52.644 ton kopi. 

Luas wilayah Kabupaten Lambar mencapai 2.141,57 kilometerpersegi atau 6,5% dari luas wilayah Provinsi Lampung. Kabupaten ini memiliki 15 kecamatan, 131 desa, dan 5 kelurahan.

Kepada rombongan tamunya, H. Ardiana menerangkan, di Kabupaten Sukabumi terdapat sekitar 6 ribu pelaku UMKM yang dibina oleh pemda, sedangkan jumlah pelaku usaha binaan di Provsinsi Jawa Barat mencapai sekitar 26 ribu. Kabupaten Sukabumi, kata dia, mengembangkan berbagai program pembinaan UMKM, termasuk kampung digital.

“Daerah kami merupakan daerah terluas kedua di Jawa dan Bali dengan luas wilayah sekitar 4.161 kilomterpersegi dan jumlah penduduk sekitar 2,6 juta. Di bidang administrasi pemerintahan, Kabupaten Sukabumi memiliki 47 kecamatan, 381, dan 5 kelurahan,” jelas Ardiana. (*)

Print Friendly, PDF & Email