Mou Pemda-Bekraf Dapat Mendorong Kemajuan Pariwisata

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri menandatangani MoU dengan Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf RI, Endah Wahyu Sulistiani, S.T., MFA. tentang pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Sukabumi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) diharapkan dapat mendorong kemajuan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Sukabumi. Karena melalui MoU itu, kedua lembaga pemerintah tersebut akan bekerja sama menggali dan mengembangkan potensi pariwisata yang ada di seluruh pelosok Sukabumi. 

Harapan tersebut disampaikan Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri seusai penandatanganan MoU dengan Deputi Hubungan Antar Lembaga dan Wilayah Bekraf RI, Endah Wahyu Sulistiani, S.T., MFA. di Hotel Balcony, Selabintana, Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Kamis (14/3/2019).

“Semoga melalui MoU ini, para pihak dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi, khususnya yang terkait dengan ekonomi kerakyatan. Pengembangan pariwisata selalu seiring dengan pengembangan ekonomi kreatif,” kata Sekda Iyos.

Penandatanganan MoU dilaksanakan pada kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pentahelix Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Sukabumi yang diresmikan oleh Endah Wahyu. Terpumpun artinya terhimpun atau terkumpul dalam konteks semua kalangan pemangku kepentingan yang terkait dengan pengembangan ekonomi kreatif.  

Pemkab Sukabumi, ujar Iyos, menyambut dengan gembira penyelenggaraan DKT Pentahelix tersebut. Menurut dia, diskusi tentang pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Sukabumi sangat penting dan strategis untuk percepatan upaya mengembangkan sektor kepariwisataan. Salah satu destinasi pariwisata yang saat ini sedang digencarkan pengembangannya oleh Pemkab Sukabumi adalah Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

“Semoga diskusi ini menghasilkan gagasan-gagasan dan formula yang dapat membuat pariwisata Kabupaten Sukabumi lebih maju dan menggeliat,” tuturnya.

Seyogyanya, lanjut dia, para peserta DKT Pentahelix memiliki satu persepsi dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif dikaitkan dengan sektor pariwisata untuk mensejahterakan rakyat dan meningkatkan pendapatan asli daerah Kabupaten Sukabumi. 

Selain Endah Wahyu, pejabat Bekraf yang hadir antara lain Direktur Hubungan Antar Lembaga Pemerintah Dalam Negeri, Hasan Abud, SH., MAP. dan salah satu kasubditnya, Yoseph Payong Masan, S.E.

Dari pihak tuan rumah tampak hadir Anggota DPR RI, Hj. Reni Marlinawati serta unsur Pemkab Sukabumi dari Dinas Pariwisata, BPKAD, Dinas PESDM, Dinas PKUKM, dan menajemen Geopark Ciletuh Palabuhanratu. (*)

Print Friendly, PDF & Email