Bupati Siap Lanjutkan Proyek Jalan Kadudampit-Sukalarang

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami bersama Dandim 0607 Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo meresmikan jalan Kadudampit-Sukalarang tahap I yang merupakan hasil Karya Bakti TNI.

Wartawan Nanang Setiana

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami siap melanjutkan pembangunan ruas jalan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Kadudampit dan Kecamatan Sukalarang, Kabupaten Sukabumi. Jalan ini berguna untuk menghindari kemacetan di jalan nasional dan sebagai jalur pariwisata.   

banner 720x90

Kesiapan bupati ini disampaikan pada penandatanganan berita acara serah terima hasil Karya Bakti TNI berupa jalan Kadudampit-Sukalarang di Kampung Lebak Siuh 2, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Jumat (14/2/2020). Secara simbolis, bupati menerima hasil karya bakti itu dari Dandim 0607 Letkol Inf. Danang Prasetyo Wibowo. 

“Pembangunan jalan ini akan diteruskan. Rencananya akan dilakukan pengerasan agar manfaatnya lebih dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata bupati dalam sambutan serah terima hasil karya bakti TNI.

Manfaat jalan ini, ujar bupati, sangat besar untuk mempermudah akses ekonomi dan sosial bagi masyarakat. Pada akhirnya, jalan ini turut menunjang kesejahteraan masyarakat sekitar. Bupati merasa gembira dan bersyukur pembangunan jalan Kadudampit-Sukalarang tahao I telah selesai.

“Di sepanjang jalan ini terdapat sumber daya alam yang melimpah. Para petani membutuhkan akses jalan untuk pengiriman hasil bumi,” ujar dia.  

Bupati juga mengapresiasi hasil karya bakti dari Kodim 0607 yang dikerjakan pada program TNI Manunggal Membangunan Desa (TMMD) tahun 2019. Dia memuji para prajurit TNI yang telah menyelesaikan pembangunan jalan tahap I tersebut.

Ruas jalan yang diserahterimakan memiliki panjang 3,775 kilometer dengan lebar 18 meter. Ruas jalan tahap pertama ini menghubungkan empat kampung yaitu Cinumpang, Pasirtugu, Lebaksiuh 1, dan Lebaksiuh 2.

Di tempat yang sama, Dandim 0607 mengatakan, jalan tersebut berguna untuk mempermudah masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian. Selesainya pembangunan jalan tahap I ini, ujar dia, merupakan hasil kerja sama satuan teritorial yang dipimpinnya dengan Pemkab Sukabumi.   

“Alhamdulillah, hasilnya bisa kita rasakan bersama. Mudah-mudahan di Kabupaten Sukabumi terbangun pertahanan yang kuat dengan masyarakat yang sejahtera,” tutur dia. 

Acara serah terima disaksikan para perjabat daerah antara lain Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar; Kepala Dinas Perhubungan, Lukman Sudrajat; dan Camat Kadudampit, Jenal Abidin.  

Setelah melakukan penandatangan berita acara serah terima jalan, Bupati Sukabumi makan  liwet bareng warga dan seluruh jalaran TNI serta tamu undangan.

Sementara itu, Camat Kadudampit Jenal Abidin atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Kodim 0607 dan Pemkab Sukabumi yang telah  membangun ruas jalan Kadudampit-Sukalarang. Dia yakin kehadiran ruas jalan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kecamatan Kadudampit. (*)   

Print Friendly, PDF & Email