Penagihan Dana Insentif Tahap III Berbuntut Kericuhan

oleh -
Warga Desa Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi mendatangi kantor desa untuk mempertanyakan dana intensif krtua RT/RW, Linmas, dan kader posyandu.

Wartawan M. Ridwan Cangehgar

Sejumlah warga terlibat keributan dengan perangkat desa pada pertemuan di aula Desa Bojonggaling, Kecamatan Bantaragadung, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/1/2020). Semula rapat berjalan lancar dan tertib, namun ketika pertemuan memasuki sesi pembahasan dana insentif ketua RT/RW, Linmas, kader posyandu, beberapa orang terlibat keributan.  

banner 720x90

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari beberapa peserta pertemuan menyebutkan, awalnya sekumpulan warga Desa Bojonggaling dari berbagai kampung mendatangi balai desa. Mereka diterima dengan baik-baik dalam suatu pertemuan di aula desa. Mula-mula pertemuan berjalan kondusif. Para peserta pertemuan mengajukan beberapa pertanyaan dengan cara yang baik dan tertib.

Suasana mulai keruh ketika salah satu peserta rapat menanyakan dana insentif yang belum dibayarkan. Sebagian peserta pertemuan tersinggung dengan ucapan perangkat desa yang memberikan jawaban seputar dana insentif. Rupanya cara penyampaian perangkat desa tersebut dinilai kurang bijaksana.

Lalu beberapa orang merangsek ke depan untuk meminta pertanggungjawaban  ucapan perangkat desa tadi. Sebagian dari mereka tampak sudah mengepalkan tangan sebagai persiapan untuk memukul oknum tersebut. Rekan-rekannya yang lain berteriak-teriak sambil melontarkan kalimat-kalimat pedas.

Untunglah Bhabinkamtibas dan Babinsa setempat bertindak cepat. Keduanya berhasil menenangkan peserta pertemuan yang merangsek ke depan. Tidak lama kemudian rapat pun dilanjutkan kembali.

Buntut dari peristiwa tersebut, Sekdes Bojonggaling, Asep Yusuf Mubarok memundurkan diri dari jabatannya.  Keputusan Ade ini banyak yang memuji sebagai sikap ksatria. 

banner 720x90

“Wajar masyarakat mempertanyakan uang insentif  itu. Menurut informasi dari Bank BJB, dana tersebut telah dicairkan pada tanggal 30 Desember 2019. Namun sampai kini belum dibagikan,” kata Ketua BPD Bojonggaling,  Musyahidan. 

Ketua RW 09 Kampung Bihbul, Tadin membenarkan dirinya belum menerima uang insentif dari desa. (*)

Print Friendly, PDF & Email