Desa Seuseupan: Siang Bergiat Sosial, Malamnya Tabligh Akbar

oleh -
Endang Odon Maulana, Kades Seuseupan, Kecamatan Caringin (tengah) dan istri serta Ade Setiawan (Staf Kantor Kecamatan Caringin yang juga Pjs Kades Sukamulya) pada kegiatan tabligh akbar menyambut tahun 1441 Hijriyah.

Wartawan Usep Mulyana

Pemdes Seuseupan menggelar dua kegiatan penting dalam satu hari, Sabtu (12/19/2019). Pada siang hari, desa memfasilitasi civitas akademika Sekolah Tinggi Teknologi Industri (STTI) dan Farmasi Bogor dalam pengobatan sosial dan sosialisasi tata cara memperlakukan obat-obatan. Malam harinya Pemdes Seuseupan menggelar tabligh akbar dalam rangka tahun baru 1441 Hijriyah.

banner 970x90

Di tempat tabligh akbar tampak Endang Odon Maulana, kepala Desa Seuseupan, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dan utusan khusus Kantor Kecamatan Caringin yang juga Pjs Kades Sukamulya, Ade Setiawan.

“Dua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, kegiatan pertama untuk mengobati penyakit jasmani dan acara yang kedua untuk meningkatkan kesehatan rohani,” kata Endang dalam sambutan pembukaan tabligh akbar.

Pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani harus ada keseimbangan, lanjutnya. Oleh karena itu, pengobatan gratis dan tabligh akbar dijadikan satu rangkaian kegiatan yang saling berhubungan. 

Terkait upaya menjaga keselamatan, Kades Endang mengimbau warga untuk selalu waspada menghadapi perubahan cuaca saat ini. Jika suatu ketika terjadi gejala atau tanda-tanda terjadi bencana alam, kata Endang, hendaknya warga secepatnya melaporkan hal itu kepada aparat berwenang setempat.

“Warga yang tinggal di wilayah perbukitan harus ekstra hati-hati karena di sana tanahnya  labil dan berpotensi longsor. Saya harapkan siskamling lebih ditingkatkan lagi,” imbaunya.

Pada kesempatan yang sama Ade Setiawan menjelaskan rencana Pilkades di wilayah Kecamatan Caringin. Di kecamatan ini, hajat demokrasi di tingkat desa itu diselenggarakan di desa-desa Caringin Kulon, Caringin Wetan, Sukamulya, dan Mekarjaya.

“Sebagai tetangga desa, warga Desa Seuseupan sewajarnya memberikan dukungan agar Pilkades di empat desa tersebut dapat berjalan dengan aman dan damai,” tutur Ade.

Dia juga mengatakan, program pembangunan di Desa Seuseupan berjalan dengan baik, termasuk kegiatan pembangunan desa wisata di dua desa dengan Desa Cikembang yang didanai oleh program Peningkatan Partaisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K).

“Semoga desa wisata di Seuseupan dan Cikembang dapat berjalan sesuai program dan membawa dampak positif bagi perkembangan sektor ekonomi dan UKM. Khusus di Desa Seuseupan, sektor yang dikembangkan dalam desa wisata antara lain panday besi dan pembuatan kurung ayam,” ujar Ade.

Sementara itu pada tabligh akbar yang dilangsungkan di  halaman Kantor Desa Seuseupan tampil sebagai penceramah Ustadz Zaenal Muttaqin, dai kelahiran Seuseupan dan pelantun wahyu Ilahi adalah Ustadz Ujang Iwan.

Dalam ceramahnya, Zaenal  membahas pentingnya umat Islam menjaga ukhuwah Islamiyyah dan wathoniyyah. Islam itu bagaikan badan yang satu. Jika ada bagian yang sakit, maka semua akan merasa sakit, kata dia. (*)

Berita terkait….

STTI Farmasi Gelar Sosialisasi Obat-obatan di Desa Seuseupan

Print Friendly, PDF & Email