Bupati Bersyukur Jumlah Calon Haji Terus Meningkat

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami disambut pengurus dan para calon haji ketika tiba di KBIH Al-Hikmah di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi untuk meresmikan pembukaan manasik haji.

Wartawan AEP SAEPUDIN 

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan rasa syukur atas meningkatkan jumlah calon haji dari tahun ke tahun. Dia mengharapkan penambahan jumlah calon haji itu merupakan indikator membaiknya perekonomian masyarakat. Selain itu setiap tahun kuota jemaah calon haji untuk Kabupaten Sukabumi terus bertambah.

banner 970x90

Pernyataan bupati itu disampaikan saat meresmikan pembukaan manasik haji Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al-Hikmah di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (12/10/2019). Mudah-mudahan peningkatan jumlah haji tersebut, kata Marwan, juga merupakan indikator berjalannya program pemberdayaan ekonomi di Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah kami selaku pemerintah daerah merasa sangat bersyukur dengan adanya peningkatan jumlah jemaah haji dari tahun ke tahun,” ujar dia.

Para peserta manasik haji tahun ini merupakan bagian dari calon haji yang akan terbang ke Tanah Suci pada tahun 2020. Bupati berpesan kepada para calon haji untuk selalu melakukan persiapan agar pada saatnya ibadah haji nanti mereka bisa melaksanakannya dengan khusyuk dan bisa mengimplementasikan hikmah berhaji di lingkungan masing-masing.

Pada bagian lain, bupati menerangkan, sejak tahun 2001 Kabupaten Sukabumi sudah menetapkan Penegakan Syariat Islam (PSI) sebagai rujukan kebijakan dalam menetapkan program-program keagamaan. Para calon haji dan haji harus ikut mendorong pelaksanaan program PSI di Kabupaten Sukabumi.

“Program ini tentunya harus bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan pemberdayaan masyarakat di lingkungan Bapak dan Ibu tinggal. Bapak dan Ibu harus bisa melakukan telaahan atau pencermatan agar bisa berpartisipasi dalam program pemerintah,” ujar bupati.

Sementara itu Pimpinan KBIH Al-Hikmah, KH. Alamsyah Nu’man menerangkan, peserta manasik haji tahun ini mencapai sekitar 200 orang. Mereka berasal dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Para peserta secara rutin akan mengikuti manasik haji di KBIH Al-Hikmah. Alamsyah mohon doa dari aparat pemda dan masyarakat untuk kelancaran dan kemudahan ibadah haji mereka. (*)

Print Friendly, PDF & Email