Balon Kades Ikuti Uji Kompetensi di Empat Lokasi

oleh -
Sebagian balon kades dari zona selatan mengikuti tes tertulis di MAN 2 Sukabumi Palabuhanratu.

Wartawan M. Ridwan

Para bakal calon (balon) kepala desa (kades) yang akan berlaga di Pilkades 2019 serentak di Kabupaten Sukabumi mengikuti uji tertulis secara bersamaan, Minggu (13/10/2019). Para peserta dibagi menjadi empat kelompok yang mengikuti uji kompetensi di empat lokasi berbeda.

banner 970x90

Jumlah peserta uji tertulis itu mencapai 1.229 orang dari 240 desa yang menyelenggarakan Pilkades. Untuk zona selatan, lokasi tes di  MAN 2 Sukabumi Palabuhanratu dengan jumlah peserta 468 balon kades dan SMAN 1 Sagaranten dengan jumlah peserta  214 balon.  

Sementara untuk zona utara, tempat uji di STISIP Widyapuri Mandiri di Cisaat dan Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) di Kota Sukabumi. Jumlah peserta di STISIP 303 orang dan di UMMI sebanyak 244 peserta.  

“Supaya lokasi tes tidak terlalu jauh dari tempat tinggal peserta, para bakal calon dibagi ke dalam 4 kelompok,” kata Kabid  Administrasi Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi, Dedi Kusnadi ditemui di MAN 2 Palabuhanratu.

Di lokasi tes, khususnya di MAN 2 Palabuhanratu para balon kades sangat antusias mengikuti uji kompetensi. Mereka terlihat amat cermat dan hati-hati dalam membaca soal dan menjawabnya, tidak tergesa-gesa. Para balon kades tunduk dan mentaati aturan tata tertib dan prosedur uji kompetensi. Mereka harus mengerjakan 100 soal dan menuliskan visi dan misi.

Aturan yang harus ditaati para peserta tes antara lain dilarang membawa buku dan alat komunikasi atau alat lainnya, tidak boleh keluar masuk ruangan tanpa seizin pengawas, dilarang merokok di  dalam ruangan ujian, dan tidak boleh bercakap-cakap.

“Kami akan mengambil tindakan tegas  pada peserta yang melanggar aturan, walaupun hanya melanggar satu dari delapan tata tertib. Para peserta juga diwajibkan membawa dan memperlihatkan kartu peserta,” kata koordinator pelaksana tes, Abdullah Mu’min. 

Setelah tes tertulis, tahapan selanjutnya dari Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi adalah tahapan wawancara dari 15 sampai dengan 17 Oktober 2019 yang dibagi dalam tiga kelompok. Tempatnya di STISIP Widyapuri Mandiri dan UMMI. Tim penguji berasal dari kedua kampus tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email